Taekwondo Indonesia Raih Medali di AS

Kompas.com - 25/02/2013, 08:38 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com - Atlet taekwondo Indonesia dari UTI Pro merebut satu medali perak dan dua perunggu pada kejuaraan Taekwondo Amerika Serikat Terbuka  di Las Vegas, Amerika Serikat, 19-23 Februari 2013.
    
"Pencapaian hasil ini sudah maksimal mengingat U.S Open ini merupakan event yang cukup bergengsi dimana lebih dari 70 negara ikut berpartisipasi. Ini juga merupakan kalender resmi World Taekwondo Federation," kata Manajer Tim Suwandi Gunawan, Senin.
    
Suwandi Gunawan mantan Taekwondoin nasional dipercaya sebagai manajer tim oleh pembina YUTI dan UTI Pro, Lioe Nam Khiong, yang cukup sibuk sejak dipercaya sebagai wakil presiden World Children Taekwondo Union.  
    
Membludaknya partisipasi negara peserta di event AS Terbuka ini, membuat panitia harus menggunakan 12 lapangan ketika babak penyisihan.
   
Medali perak dipersembahkan dari nomor Pomsae kategori Pair Second Senior usia di atas 29 tahun melalui taekowndoin nasional Rahadewineta yang berpasangan dengan Satriyono.
   
Sedangkan dua medali perunggu lainnya masing-masing dari nomor beregu putri melalui trio taekwondoin Christina Agung Intan  yang juga peraih medali emas pada Korea Terbuka Oktober lalu, serta Domas Ayu Kirana dan Rahadewineta.
    
Semula di nomor beregu ini, UTI Pro akan menurunkan taekwondoin asal Jawa Tengah Lessitra raningrati, namun setibanya di Las Vegas Lessitra urung diturunkan karena mengalami cedera di pangkal paha.
   
"Semula saya memang dipersiapkan di nomor beregu tapi karena cedera di pangkal paha akhirnya tidak tampil," kata mahasiswi Fakultas Hukum semester V Universitas Tujuh belas Agustus Semarang ini. Posisi Lessitra akhirnya digantikan seniornya Rahadewineta.

Satu perunggu lainnya dipersembahkan dari nomor Pomsae kategori perorangan putra First Senior, Daniel Danny Harsono.
   
Di nomor Kyorugi (Tarung), dua wakil UTI Pro Herlambang dari Lampung dan Jason Hornay dari Nusa Tenggara Timur hanya mampu bertahan hingga putaran ketiga.
   
"Ini jadi pengalaman berharga buat kami di Kyorugi, tetapi meski kalah Jasoh Hornay sempat memberikan perlawanan sengit di putaran pertama dengan meraih kemenangan TKO, sebelum akhirnya tersingkir di putaran ketiga,"  Kata pelatih kepala Yusuf Ariansyah.
    
Universal Taekwondo Indonesia Profesional UTI Pro pada AS Terbuka ini mengirimkan 13 orang terdiri atas sembilan taekwondoin putra putri serta empat ofisial dan pelatih.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X