Ini Dia, Film Animasi Terbaik Oscars

Kompas.com - 25/02/2013, 10:19 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Film animasi Brave yang mengisahkan putri kerajaan Skotlandia, Merida—yang menolak upaya ibunya untuk mengubah dirinya menjadi seorang wanita muda yang lebih anggun—berhasil memenangkan Animated Feature Film di ajang Academy Awards 2013 atau Oscars yang ke-85 yang digelar di The Dolby Theatre, California, Minggu (24/2/2013) malam atau Senin pagi WIB.

Dalam kategori ini, Brave yang merupakan film fantasi komputer-animasi produksi Pixar Animation Studios dan didistribusikan Walt Disney Pictures tersebut sukses melewati hadangan para nomine lainnya, seperti Frankenweenie, ParaNorman, The Pirates! Band of Misfits, dan Wreck-It Ralph.

Sebelum diumumkan sebagai pemenang, dalam wawancara dengan Oscar.com, sutradara film animasi Brave, Mark Andrews, mengaku sempat terkejut ketika film garapannya masuk ke dalam nominasi. "Saya sangat terkejut, dan saya seakan tidak percaya dengan kabar tersebut," ujar Andrews.

Sementara itu, asisten sutradara, Brenda Champman, sebelumnya sama sekali tak menaruh ekspektasi bahwa film animasi yang dikerjakannya bersama Andrews bisa memenangkan Oscar. "Untuk pemenang yang akan dipanggil dan ketegangan yang akan berakhir, tidak peduli siapa yang menang," tekan Champman. 

Bagi Pixar, kemenangan Brave pada Oscars tahun ini membukukan prestasi penting. Sebab, inilah film ketujuh mereka yang meraih Oscar. Sebelumnya, Pixar sukses di ajang Oscars lewat film Finding Nemo (2004), The Incredibles (2005), Ratatouille (2008),  WALL-E (2009), Up (2010), dan Toy Story 3 (2011).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.