Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Sebut Film "Argo" Promosi CIA

Kompas.com - 25/02/2013, 17:11 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Tidak semuanya menyambut baik terpilihnya "Argo" sebagai film terbaik Piala Oscar 2013. Stasiun televisi Iran, Senin (25/2/2013), menyebut film arahan sutradara Ben Affleck itu sebagai sebuah "iklan untuk CIA".

Sebagian kalangan di Iran juga menyebut terpilihnya "Argo" sebagai film terbaik adalah pernyataan politik Amerika Serikat tentang Revolusi Islam Iran 1979.

Namun, perdebatan soal film "Argo" selalu terbagi antara dua kutub, yaitu antara warga Iran yang ikut dalam Revolusi Islam 1979 dan generasi muda yang tak pernah merasakan langsung hingar bingar revolusi.

"Saya selalu ingin tahu pendapat lain soal revolusi," kata Sheila (21), mahasiswa Universitas Teheran.

Anggota Dewan Kota Teheran Masoomeh Ebtebkar -salah satu mahasiswa yang ikut menduduki Kedubes AS dan menjadi juru bicara mahasiswa Iran- mengatakan film itu terlau melebih-lebihkan kekerasan yang terjadi saat massa menyerbu masuk ke gedung kedutaan besar AS pada November 1979.

Ebtekbar bersikukuh bahwa para peyandera kedutaan besar AS dan ke-52 orang stafnya selama 444 hari seluruhnya adalah mahasiswa. Namun, ada pendapat  yang mengatakan anggota Garda Revolusi terlibat dalam krisis penyanderaan itu.

Sementara itu, kantor berita Mehr menyebut penganugerahan Oscar untuk "Argo" adalah sebuah langkah politik. Sebab, ibu negara Michelle Obama ikut membacakan nominator dan pemenang katagori film terbaik itu lewat sambungan video dari Gedung Putih.

Menteri Kebudayaan Iran Mohammed Hosseini mengatakan Hollywood tengah "memelintir" sejarah dan sejumlah pejabat Iran lainnya menyebut film itu adalah sebuah "perang lunak" terhadap budaya Iran.

Namun, seorang pensiunan guru, Reza Abbasi, yang juga terlibat dalam revolusi tak menanggapi berlebihan kisah dalam film "Argo".

"Saya tahu Hollywood terkadang mengubah kenyataan untuk membuat film lebih menarik, namun situasi yang ditampilkan tak jauh dari kenyataan," ujar Abbasi.

Meski dikecam dan dipastikan tidak akan diputar di bioskop-bioskop Iran, DVD bajakan "Argo" dengan mudah ditemukan di Teheran. Satu keping DVD bajakan "Argo" dihargai 30.000 rial atau kurang dari satu dolar AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com