Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earth Hour 2013 Bakal Dirayakan di 31 Kota

Kompas.com - 28/02/2013, 16:04 WIB
Fifi Dwi Pratiwi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Earth Hour akan kembali dirayakan pada 23 Maret 2013 mendatang. Tahun ini, Earth Hour akan dirayakan untuk kelima kalinya.

Earth Hour adalah gerakan mematikan lampu selama 1 jam setiap tanggal 23 Maret, mulai pukul 20.30 hingga 21.30. Perayaan ini diharapkan membuahkan kesadaran lingkungan, tidak hanya selama satu perayaan, tetapi juga akan tetap berlanjut.

Verena Puspawardani, Koordinator Kampanye Program Iklim dan Energi WWF-Indonesia, menjelaskan, Earth Hour sebelumnya di Indonesia berhasil mengajak ribuan orang untuk memulai aksi hemat energi yang mungkin belum pernah mereka lakukan melalui slogan "Ini Aksiku! Mana Aksimu?".

Atas keberhasilan tersebut, Earth Hour tahun ini akan memakai slogan yang sama. Gerakan di tingkat individu diharapkan membuahkan perubahan besar.

"Tahun 2013, jumlah kota yang berkomitmen akan ikut memeriahkan Earth Hour bertambah menjadi 31 kota, masih memungkinkan untuk bertambah," kata Nyoman Iswarayoga, Direktur Program Iklim dan Energi WWF-Indonesia. Sebelumnya, Earth Hour hanya dirayakan di 26 kota.

Perayaan Earth Hour di Jakarta juga bakal berbeda dari sebelumnya. "Kalau tahun sebelumnya perayaan Earth Hour di Jakarta dilakukan di satu titik, untuk tahun ini, kami mencoba merayakannya tersebar di setiap daerah administratif," kata Nyoman dalam media briefing Earth Hour 2013, Rabu (27/2/2013).

Nyoman menyebutkan, dalam momentum Earth Hour 2013 ini, WWF-Indonesia juga akan kembali mengampanyekan gerakan kesadaran untuk lebih memanfaatkan transportasi umum atau moda transportasi lain yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik dan sampah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com