Nitia Anisa: Kutu Buku, Pianis, None Jakarta

Kompas.com - 06/03/2013, 21:28 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Buku, bagi presenter Kompas TV Nitia Anisa (25), adalah sahabatnya sejak kecil. "Orang yang tak pernah membaca buku, pasti sering kesepian," kata Nitia Anisa yang senang membaca buku penulis Jerman Karl May sampai sastrawan Brazil Paul Coelho.

Nitia sering membaca buku-buku itu di perpustakaan kakeknya, Baharudin Harahap, guru besar IKIP Jakarta. Selain buku petualangan Winnetou dan Old Shatterhand karya Karl May, Nitia mengaku menikmati buku-buku komik dan kartun.

Karena senang membaca sejak kecil, Nitia memiliki "passion" dalam dunia tulis-menulis. Ketika melanjutkan pendidikan tinggi, alumnus SMA Negeri 6 Jakarta Selatan ini memilih D3 Broadcast FISIP Universitas Indonesia (2006) dan menyelesaikan pendidikan S1 FISIP jurusan Komunikasi Massa UI.

Anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Tubagus Bahtera Rahman dan Nina Harahap yang lahir di Jakarta, 13 Desember 1987 ini sebelum bergabung dengan Kompas TV tahun 2011, pernah bekerja di TV Edukasi (TVE) selama dua tahun (2009-2011) sambil menyelesaikan kuliahnya.

Nitia yang pernah mengikuti pertukaran pelajar AFS ke Norwegia ini juga memiliki "passion" dalam dunia musik. "Keluarga mama keluarga musisi. Kebetulan kakek juga dealer piano di Jakarta. Mama pernah ikut Swara Mahardika. Saya belajar piano klasik sejak kecil," cerita Nitia, yang pada tahun 2009, terpilih sebagai Wakil I None Jakarta Selatan.

Ketika harus memilih dunia jurnalistik atau musik, Nitia akhirnya memilih dunia jurnalistik. "Untuk bermusik, tak perlu karier. Tapi terjun di dunia jurnalistik, saya harus menekuninya di jalur yang benar," katanya.

Nitia memilih Kompas TV karena ada nama besar Kompas di baliknya. "Kompas sejak lama dikenal sebagai media independen dan tidak partisan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.