Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruhut: Tak Benar SBY Capreskan Gita Wirjawan

Kompas.com - 13/03/2013, 13:23 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyangkal pernyataan Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga yang menyebutkan bahwa Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mempersiapkan Gita Wirjawan sebagai calon ketua umum sekaligus calon presiden pada tahun 2014. Menurut Ruhut, saat ini partainya sama sekali tidak membicarakan Pemilihan Presiden 2014.

"Itu orang sakit. Badut dia itu yang hanya bikin ramai suasana saja. Tidak benar Pak SBY akan mengusung Gita masuk bursa Ketum dan nantinya jadi capres, terlalu jauh. Kami tidak bahas Pilpres saat ini," ujar Ruhut, di Gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2013).

Menurut Ruhut, ia sering berkomunikasi dengan Gita. Saat disinggung soal Partai Demokrat, kata Ruhut, Gita tidak tertarik. "Setiap saya tanyakan, dia selalu bilang enggak mau kok masuk partai. Jadi, Partai Demokrat tidak mengemis ke Gita," kata Ruhut.

Ruhut menilai, pernyataan yang dilontarkan Kastorius merupakan pendapat pribadi. Kastorius, kata Ruhut, adalah karyawan yang digaji oleh Gita Wirjawan. "Jadi pendapatnya subyektif sekali, bukan sikap Pak SBY itu. Ini Pak Kasto bikin kacau saja, punya hak pilih juga tidak. Orang lain tidak sebut capres, dia sebut capres," ujar anggota Komisi III ini.

Seperti diketahui, nama Gita menjadi salah satu nama yang dijagokan sejumlah politisi Demokrat menjadi calon ketua umum partai yang akan dipilih pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada akhir Maret mendatang. KLB dilakukan untuk memilih ketua umum baru menggantikan Anas Urbaningrum yang menyatakan keluar setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimana hadiah terkait proyek Hambalang dan lainnya.

Dukungan terhadap Gita setidaknya disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Ramadhan Pohan dan Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga. Kastorius bahkan mengungkapkan bahwa SBY sudah sepakat Gita masuk dalam bursa Ketum Partai Demokrat. Gita, kata Kastorius, diproyeksikan SBY untuk menjadi calon Presiden dalam Pilpres 2014.

Baca berita terkait dalam topik:
Krisis Demokrat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com