Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricky Jo Persembahkan Lagunya untuk Emerald

Kompas.com - 22/03/2013, 23:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagian karier bermusik mendiang Ricky Johannes (45) atau Ricky Jo sebagai vokalis dijalaninya dalam band fusion Emerald, yang dibentuk pada 1986 di Jakarta. Roedyanto, pemain bas Emerald, mengungkapkan kenangannya bersama Ricky, baik sebagai sesama artis musik maupun teman.

"Dia itu orang yang punya motivasi tinggi, setiap latihan, rekaman, beliau selalu yang mengumpulkan kami," kisah Roedy, yang mendengar kabar Ricky meninggal dunia pada Jumat (22/3/2013) sore dari vokalis Armand Maulana.

Ricky telah mencipta sebuah lagu yang dipersembahkannya untuk Emerald. "Dia juga mendedikasikan lagu 'Pasti Dapat', itu hit kami di album Karapan Sapi. Itu memang karyanya beliau," kisahnya lagi.

Pada 2007 di panggung Java Jazz, di Jakarta, Ricky, yang lahir pada 25 September 1967, sempat memperingati hari ulang tahunnya. Kenang Roedy, ketika itu Ricky amat terharu.

"Emerald kebetulan ketika itu reunian di Java Jazz 2007. Dia bilang, 'Kado terindah saya saat ini adalah bisa manggung lagi bareng Emerald'," cerita Roedy. "Sampai saat ini saya masih ingat betul kalimat itu, ekspresi wajah itu," lanjutnya.

Bersama Emerald, Ricky berhasil menghasilkan album-album Cemas (1988), Karapan Sapi (1991), Marunda (1994), dan The Best of Emerald (2009). "Yang terakhir di 2009, The Best of Emerald itu hasil prakarsa Ricky dan saya. Dia begitu bersemangat," tutur Roedy.

Di luar Emerald, Ricky juga terlibat dalam album Perempuan dari vokalis Rita Effendy, yang dirilis pada 2000. Isi album tersebut menjanjikan. Nugie dan Ricky menjadi penyanyi-penyanyi tamu. Para pencipta lagu yang terlibat juga dikenal sebagai pencetak hit, yaitu Bebi Romeo, Melly Goeslaw, dan Nugie. Musiknya ditangani oleh Andi Rianto.

Di luar karier bermusiknya, Ricky merupakan seorang pembawa acara tayangan sepak bola. Sejak Januari 2013, Ricky juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Futsal Nasional.

Sebagai pribadi, menurut Roedy, Ricky biasa menghadirkan suasana segar. "Wah, kalau itu, jangan ditanya. Di dalam band kami, dia orangnya suka bercanda, selalu saja ada bahan candaan dari dia yang segar setiap pas latihan. Memang orangnya suka bercanda," cerita Roedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com