Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Menghijaukan" Bumi lewat Social Media

Kompas.com - 24/03/2013, 12:02 WIB

Screenshot visualisasi digital yang dilakukan Listen2Earth.


 

KOMPAS.com
— Earth Hour, gerakan memadamkan lampu untuk mengurangi konsumsi listrik selama 60 menit, tahun ini digelar pada 23 Maret 2013. Social media, terutama Twitter, jadi salah satu tempat kampanye ini ramai dibicarakan.

Nadya Hutagalung, duta Earth Hour, dengan dukungan penggerak social media di Indonesia melakukan gerakan bernama #listen2earth.

Salah satu bentuknya adalah sebuah visualisasi digital yang memantau aktivitas pendukung Earth Hour di social media. Visualisasi ini ditampilkan di laman GreenKampong.com/listen2earth/.

Di laman itu ditampilkan sebuah ilustrasi peta dunia. Awalnya, peta itu tampak coklat dan kering. Namun, seiring makin banyaknya aktivitas di social media terkait gerakan ini, peta itu tampak makin hijau dan cerah.

Dalam keterangan tertulisnya, Nadya Hutagalung mengatakan, hal ini diharapkan bisa jadi salah satu cara mengilustrasikan dampak dari aksi individual pada lingkungan.

"Dengan percaya bahwa kita semua bisa menjadi change-makers, langkah awal untuk mebuat perubahan sudah terjadi. Dan seperti yang selalu saya percaya, People Power Saves the Day!" tuturnya.

Listen2earth diprakarsai oleh komunitas Green Kampong dan didukung oleh perusahaan digital yang aktif bergerak di social media seperti rackdigital, InboundID, NoLimitID, dan Rolling Glory.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com