NOAH Selalu Siapkan "Rencana B"

Kompas.com - 27/03/2013, 15:15 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Terkadang konsep sebuah pertunjukan tak bisa sepenuhnya terwujud karena kondisi di lapangan. Karena itu, band NOAH selalu menyiapkan "rencana B" atau rancangan cadangan untuk menghindari hal-hal yang bisa  membatalkan penampilan mereka.

"Kalau (penampilan) sampai dibatalin sih enggak (pernah terjadi). Minimal kami punya standar, selalu sedia plan B," kata Ariel (vokal) mewakili Lukman (gitar), Uki (gitar), Reza (drum), dan David (keyboard) dalam wawancara ketika mereka berkunjung ke kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Suatu ketika, NOAH pernah harus menerapkan "rencana B" karena penyelenggara konser mereka menghadapi banyak kendala teknis di lapangan. "Misalnya, pernah manggung di kafe, (tapi) panitia enggak punya lighting (yang sesuai dengan permintaan), enggak punya MC segala macam," cerita Ariel. "Berarti, 'Oke, konsepnya yang akan dipakai nanti seperti ini ya, masuknya dari musik ini dulu, atau dari drum dulu.' Seperti kejadian di kafe itu, akhirnya ya sudah, tambah sound system saja. Ada kompromi sedikit lah. Kami sekarang minta ke manajemen untuk push riders yang kami kasih," lanjutnya.

Menurut Ariel, untuk menggelar konser dewasa ini, kepedulian harus tercipta oleh dua pihak. "Memang, kepedulian itu harus dari dua sisi, bukan hanya dari artisnya, melainkan dari penyelenggaranya juga. Kalau dulu, dikasih tur delapan kota, ini panggungnya, sudah, kami tinggal naik, main genjreng-genjreng, sudah. Tapi, kami kemarin (dalam konser di lima negara di dua benua pada 2012) dapat partner Berlian Entertainment, yang sangat peduli dengan dunia hiburan di Indonesia. Sebelum kami mangggung, selalu diomongin, 'Nanti lagunya seperti ini, lighting-nya seperti ini, panggungnya seperti ini.' Jadi, lebih terkonsep dan ingin membuat orang terhibur. Ya, faktor show off itu tetap harus ada untuk membuat seseorang lebih wah," jelas Ariel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.