Shanghai Gelar Pameran James Bond

Kompas.com - 29/03/2013, 13:44 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pameran tokoh fiktif agen rahasia Inggris James Bond dihelat di Shanghai, Kamis, hanya seminggu setelah pemerintah komunis menyensor bagian-bagian film terbaru 007, Skyfall.

Namun, Neil McConnon, kepala kurator "Designing 007 -- Fifty Years of Bond Style", mengatakan tidak ada sensor dalam pameran yang diselenggarakan Barbican London.

"Sama sekali tidak ada hasil editan untuk pengunjung China," kata dia seperti dikutip AFP. "Sebelumnya kami telah mengalami banyak sensor dalam beberapa pameran, tapi tidak kali ini." 

Sebagian adegan Skyfall yang shooting di sudut komersial China dianggap terlalu sensitif oleh otoritas China sebelum dirilis Januari.

Adegan yang menampilkan prostitusi di Macau, daerah administras khusus China, dihapus, begitu pula perkataan bahwa musuh Bond disiksa agen rahasia China.

Adegan saat seorang centeng menyerang petugas keamanan China di pencakar langit Shanghai juga dihapus.

Pameran di Shanghai itu dihelat di Museum Seni Minsheng.

Pameran tersebut menampilkan lebih banyak koleksi Skyfall dibandingkan acara serupa di London dan Toronto, misalnya perahu Daniel Craig saat memasuki kasino Macau. Ada juga busana yang dikenakan Michelle Yeoh, pemeran agen rahasia China Wai Lin dalam Tomorrow Never Dies.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.