Nova Eliza Tetap Cinta Makanan Aceh

Kompas.com - 31/03/2013, 22:17 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nova Eliza (32) tetap cinta makanan Aceh. "Aku paling suka kuah pliek u, rasanya ingin selalu menyantapnya," ujar pemain film asal Banda Aceh itu. Nova sedang kangen dengan makanan yang sudah dua tahun tak disantapnya itu.

Tak mudah menemukan rumah makan khas Aceh. Kuah pliek u terbuat dari kelapa kering dengan beragam sayuran seperti daun melinjo, nangka muda, dan pepaya muda dalam rendaman kuah santan berbumbu. Setiap kali ke Banda Aceh, Nova tak pernah melewatkan kuah pliek u lezat buatan ibundanya, Cut Rosminar, yang masih bermukim di kota itu.

"Kuah pliek u banyak sayurannya, menyegarkan, dan bisa dibuat pedas," ujar Nova.

Menurut Nova, makanan Aceh sangat kaya bahan. Kalau satu bahan saja kurang, rasanya pun menjadi berbeda. "Mamaku yang paling jago memasak makanan Aceh. Aku sudah belajar juga, tetapi enggak mudah memasaknya, ha-ha-ha," ujarnya.

Ketika membuka usaha katering dan layanan antar makanan bernama Kecak, Nova malah memilih menu khas Bali, utamanya nasi jenggo. "Ini tahap awal, aku coba dulu makanan Bali yang sudah populer. Nuansa Bali itu yang aku bawa ke Jakarta," ujar Nova.

Seandainya membuka usaha kuliner makanan Aceh, Nova sudah membayangkan menu makanan favoritnya, antara lain kuah pliek u, asam keueng (ikan asam pedas), dan kue timpan. "Resepnya nanti minta ke kakak dan mamaku. Masakan mereka terbukti disukai keluarga besar ha-ha-ha. Sudah ada, sih, permintaan membuka restoran Aceh," ujarnya. (INE)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.