Album Coldplay Terfavorit Sepanjang Masa

Kompas.com - 03/04/2013, 15:27 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com A Rush of Blood To The Head milik Coldplay menjadi album favorit sepanjang masa versi BBC Radio 2.

Album keluaran tahun 2002 ini mengalahkan The Dark Side of The Moon milik Pink Floyd yang dirilis tahun 1973. Pink Floyd berada di bawah Keane dengan Hopes and Fears (posisi kedua) dan Duran-Duran dengan Rio yang menduduki tempat ketiga.

Salah satu single band beranggotakan Chris Martin (vokal), Guy Berrman (bas), Jonny Buckland (gitar), dan Will Champion (drum) berjudul "Clocks" juga menduduki puncak 100 lagu terbaik selama 10 tahun terakhir versi BBC Radio 6.

A Rush of Blood To The Head dengan single antara lain "The Scientist", "In My Place", dan "God Put A Smile Upon Your Face" juga merajai tangga lagu pada tahun 2002 dan terjual lebih dari 2,8 juta kopi di Inggris Raya.

Solois kelahiran London, Dido, berada di urutan terakhir posisi lima besar album favorit sepanjang masa dengan No Angel (1999).

"Musisi seperti Coldplay dan Dido memikat telinga pendengar. Mereka juga berada di sepuluh besar bersama band-band legendaris seperti The Rolling Stones dan The Beatles, yang tidak pernah ketinggalan selama bertahun-tahun," kata Kepala Bagian Musik BBC Radio 2 Jeff Smith.

Smith menambahkan, album yang dilihat dalam survei ini bervariasi dan lintas genre, mulai dari album milik Frank Sinatra pada tahun 50-an hingga Emeli Sande yang keluar tahun 2012 lalu.

Selain kelima musisi itu, yang masuk 10 album favorit sepanjang masa adalah The Rolling Stones Sticky Fingers (1971), The Pet Shop Boys dengan Actually (1987), Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band keluaran tahun 1967 milik The Beatles, U2 - The Joshua Tree (1987), dan album milik Queen, A Night At The Opera (1975).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.