Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Srimulatan di Layar Lebar

Kompas.com - 07/04/2013, 05:28 WIB

Srimulat adalah komedi kehidupan rakyat. Ketika seniman Srimulat tampil di layar lebar, dalam ”Finding Srimulat”, mereka sebenarnya

memainkan lakon hidup mereka sendiri, sebagai orang panggung, dan sebagai pelaku kehidupan: jenaka, tulus, optimistis, tetapi juga ada air mata.

Seperti di panggung, dalam film, tingkah polah para seniman Srimulat, seperti Djujuk Juwariah, Kadir Mubarak, Tessy Kabul Basuki, Mamiek Prakoso, dan Gogon Margono, mengundang tawa. Banyolan ala Srimulat, dan gaya lawak srimulatan yang spontan, penuh improvisasi, bertebaran di sepanjang film. Bahkan, adegan sedih atau pertengkaran pun dipenuhi banyolan. Di jagat srimulat, sedih, gembira, tangis, dan tawa itu seperti tidak ada batasnya. Semuanya lebur dalam dalam kejenakaan. Srimulat melihat kehidupan dari kacamata jenaka.

Simak janji Kadir saat mempromosikan warung sotonya. Pengunjung yang sepuluh kali makan soto akan mendapat hadiah umrah. Tetapi kumpulnya di Mekkah. Ini lelucon konyol khas panggung Srimulat yang diulang berkali-kali pun tetap membuat orang tertawa. Bukan lantaran materinya, melainkan juga dari cara dan logat Kadir menyampaikan materi.

Gaya srimulatan yang masih dibawa ke layar lebar adalah pada saat Djujuk menunjukkan pada Dion calon istrinya yang adalah Tessy. Dion menjawab:

”Saya sudah punya pacar, namanya Susi.”

”Susi siapa?” kata Mamiek.

”Susilo...,” ungkap Dion.

Adegan jenis berikut ini lebih spesifik panggung Srimulat. Bahkan sudah menjadi pola baku, ”template”, tetapi tetap lucu. Begini, Gogon menghadapi istrinya yang marah-marah akibat kondisi ekonomi yang terpuruk. Sang istri mengeluh kelaparan.

”Gemuk gitu kok bilang kelaparan,” kata Gogon kepada istrinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com