Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Disesali Thatcher Saat Berkunjung ke Indonesia

Kompas.com - 08/04/2013, 21:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam masa hidupnya, mantan Perdana Menteri Inggris, Margareth Hilda Thatcher, pernah mengunjungi Indonesia pada April 1985. Itulah kunjungan pertama Thatcher ke Tanah Air dan ia menyesal karena hanya bertamu dalam waktu sangat singkat.

Dikutip dari kliping harian Kompas pada awal April 1985, kunjungan Thatcher selama tiga hari mulai Selasa (9/4/1985) bertujuan untuk mempererat kerja sama kedua negara. Dalam kunjungannya, ia sempat berkeliling Taman Mini Indonesia Indah dengan diantar oleh Presiden RI Soeharto beserta Ibu Negara Ny Tien Soeharto.

Pembicaraan Thatcher dengan Presiden Soeharto waktu itu meliputi berbagai topik, khususnya mengenai pembangunan ekonomi Indonesia. Waktu itu Thatcher berjanji bahwa Inggris akan memberikan bantuan lebih banyak kepada Indonesia, terutama di bidang industri dan teknologi. Kedua belah pihak juga membicarakan masalah dunia, antara lain masalah ekonomi dunia, hubungan Timur-Barat, perlucutan senjata, ASEAN, Vietnam, dan masalah Kamboja.

Dalam jumpa pers di Istana Negara, "The Iron Lady" juga menyatakan rasa senangnya saat berkunjung di Indonesia. Ia sangat terkesan akan keramahtamahan dan rasa persahabatan dari tuan rumah. Bahkan dengan suara jelas dan tegas ia berkata, "Yang saya sesalkan dari kunjungan saya ke Indonesia adalah singkatnya kunjungan itu."

Selain mengunjungi ibu kota Negara, Thatcher juga berkunjung ke PT Nurtanio di Bandung. Setelah jumpa pers di Istana Negara, ia dan suaminya diantar oleh Presiden dan Nyonya Tien Soeharto ke Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandung.

Thatcher dilepas dengan upacara kenegaraan dan diiringi lagu kebangsaan kedua negara serta tembakan meriam sebanyak 19 kali. Dengan pesawat khusus Royal Air Force, ia dan rombongan tiba di Bandung. Di sana ia berkunjung ke Institut Teknologi Bandung. Kunjungan itu disambut meriah oleh mahasiswa serta warga Bandung, bahkan anak-anak, yang berjejalan di jalan-jalan yang ia lewati. Sambutan itu dibalas dengan senyum dan lambaian tangan dari Thatcher.

Thatcher kemudian mengunjungi PT Nurtanio dan disambut oleh Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie. Dalam kesempatan itu, Thatcher menilai bahwa Inggris sebagai negara industri yang maju di bidang telekomunikasi, sistem perancangan komputer, perangkat lunak dapat dimanfaatkan oleh Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com