Agus Wisman: Juara Dunia yang Minim Apresiasi

Kompas.com - 10/04/2013, 09:34 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bergabung dalam Elfa’s Singer, penyanyi Agus Wisman (48) pernah tampil dalam berbagai festival jazz dunia. Di North Sea Jazz Festival di Den Haag, Belanda, misalnya, mereka tampil tiga kali.

Bahkan, mereka menyandang penghargaan puncak sebagai grand champions tujuh kali berturut-turut dalam olimpiade paduan suara dunia.

”Beda dengan juara dunia bidang olahraga yang sangat dihargai di Indonesia, juara dunia di bidang paduan suara tidak mendapat apresiasi serupa. Padahal, kami juga mengibarkan bendera (Merah Putih) dan membuat lagu kebangsaan ’Indonesia Raya’ berkumandang,” kata Agus saat menghadiri pembukaan agensi model Hitz Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, Agus tidak terlalu kecewa dengan kondisi itu. Dia tetap bangga karena dapat mengharumkan nama Indonesia. Menurut dia, orang yang paling berjasa mengantarkan mereka meraih prestasi gemilang itu adalah musisi Elfa Secioria.

”Abang, panggilan Elfa Secioria, luar biasa hebat. Dia sangat teliti dan mampu menangkap hal yang paling membanggakan dalam suatu negara. Saya sering mendadak disuruh menghafal beberapa lagu tradisional negara yang kami datangi. Lagu itu kemudian diubah dalam aransemen lagu klasik. Itu menjadi lagu pembuka dan langsung merebut hati penonton,” kata Agus. (TIA)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.