Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadly Jadi Juragan Sayur Organik

Kompas.com - 11/04/2013, 23:11 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Vokalis grup musik 'Musikimia', Fadly (37) punya hobi selain mengolah vokalnya. Saat ini, Fadly tengah hobi berkebun dengan cara aquaponik.

Teknik tersebut memanfaatkan lahal minim dengan hasil yang maksimal. Ia juga sudah lama menggeluti hal tersebut.

"Sudah 4 tahun terakhir memperkenalkan teknik pertanian terpadu namanya aquaponik. Menanamnya secara organik tanpa gunakan nutrisi kimia," paparnya kepada Kompas.com saat ditemui di acara Djarum Trees Of Life (DTOL) di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (11/4/2013).

Mulai dari tanaman rempah-rempah sampai sayur seperti sayur, cabe, hingga tomat berhasil ditanamnya.

Selama ini, Fadly belajar secara otodidak, tapi ia terbilang cukup sukses dengan lahan 120 meter yang dikelolanya kini. Berbagai manfaat ia mulai rasakan, dari tubuhnya yang terasa lebih bugar sampai dipanggil ke Institut Pertanian Bogor sebagai pembicara.

"Saya memakan apa yang saya tanam dan jauh banget bedanya, enaknya dapet, sehatnya bisa di rasakan, ya pernah dipanggil ke IPB juga beberapa organisasi lingkungan," lanjut suami dari wanita bernama Dessy Aulia itu.

Fadly juga mengajarkan hal tersebut kepada anak-anaknya. Di tengah gerusan era digital, menurut Fadly sangat penting mengajarkan bercocok tanam.

"Penting anak-anak tahu cara berkebun, menyemai, pembibitan, itu hal yang penting. Life skill yang harus di turunkan. Bukan hanya soal digital, tapi rasakan bau tanah, segarnya hujan, yang dipetik terus ditanam," tutup pria bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com