Fadly Jadi Juragan Sayur Organik

Kompas.com - 11/04/2013, 23:11 WIB
EditorTri Wahono

CIREBON, KOMPAS.com - Vokalis grup musik 'Musikimia', Fadly (37) punya hobi selain mengolah vokalnya. Saat ini, Fadly tengah hobi berkebun dengan cara aquaponik.

Teknik tersebut memanfaatkan lahal minim dengan hasil yang maksimal. Ia juga sudah lama menggeluti hal tersebut.

"Sudah 4 tahun terakhir memperkenalkan teknik pertanian terpadu namanya aquaponik. Menanamnya secara organik tanpa gunakan nutrisi kimia," paparnya kepada Kompas.com saat ditemui di acara Djarum Trees Of Life (DTOL) di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (11/4/2013).

Mulai dari tanaman rempah-rempah sampai sayur seperti sayur, cabe, hingga tomat berhasil ditanamnya.

Selama ini, Fadly belajar secara otodidak, tapi ia terbilang cukup sukses dengan lahan 120 meter yang dikelolanya kini. Berbagai manfaat ia mulai rasakan, dari tubuhnya yang terasa lebih bugar sampai dipanggil ke Institut Pertanian Bogor sebagai pembicara.

"Saya memakan apa yang saya tanam dan jauh banget bedanya, enaknya dapet, sehatnya bisa di rasakan, ya pernah dipanggil ke IPB juga beberapa organisasi lingkungan," lanjut suami dari wanita bernama Dessy Aulia itu.

Fadly juga mengajarkan hal tersebut kepada anak-anaknya. Di tengah gerusan era digital, menurut Fadly sangat penting mengajarkan bercocok tanam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penting anak-anak tahu cara berkebun, menyemai, pembibitan, itu hal yang penting. Life skill yang harus di turunkan. Bukan hanya soal digital, tapi rasakan bau tanah, segarnya hujan, yang dipetik terus ditanam," tutup pria bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.