Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 13/04/2013, 02:20 WIB
Editor

Sebagai pebalap yang sehari-hari berurusan dengan kecepatan mobil dan menghadapi risiko kecelakaan, Rifat Sungkar (34) sangat peduli terhadap urusan keselamatan berkendara. Ia pun rela mengajar dan membuat sekolah khusus untuk hal yang satu ini.

Ditemui di sela-sela balapan Kejurnas GT Radial Savero Komodo Speed Offroad 2013 di Lampung beberapa waktu lalu, pereli internasional ini mengatakan, sekolah mengemudi Rifat Driving School dia rintis mulai tahun lalu.

Di sekolah itu, selain sebagai ”kepala sekolah”, Rifat juga menjadi guru bersama sejumlah instruktur profesional.

Rifat bahkan menyempatkan diri memperdalam ilmu keselamatan berkendara di Belanda, di sela-sela mengikuti kejuaraan reli dunia tahun lalu.

”Saya mengajarkan safety hingga ke tingkat elite dan professional driving. Para pesertanya mayoritas dari perusahaan,” kata Duta Keselamatan Berkendara dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga memiliki sekolah khusus drifting ini.

Sekolah yang dirintisnya tersebut tak sekadar mengajarkan ”kebut-kebutan”.

”Sebaliknya, hal paling mendasar bagi pengemudi dan pebalap adalah bagaimana berkendara dengan aman,” ujar Rifat, suami dari pemain film Sissy Priscilia ini. (JON)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.