Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Iwan Fals Mulai Jenuh dengan Lagu Kritik

Kompas.com - 15/04/2013, 06:57 WIB

SINGKAWANG, KOMPAS.com — Dulu vokalis Iwan Fals dikenal sebagai musisi yang kerap bersuara lantang melalui nyanyiannya yang berlirik kritis. Namun, tidak demikian dengan zaman sekarang. Mengapa?

Iwan beralasan bahwa di masa kini setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk melontarkan kritik. Apalagi beberapa televisi sengaja menyiarkan program khusus yang menampilkan para kritikus. "Kadang di TV kita lihat talk show selalu kritik, lama-lama jenuh kalau lagunya juga harus kritik," kata Iwan dalam jumpa pers Top Coffee Concert di Hotel Dangau, Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (13/4/2013).

Iwan mengaku banyak menerima banyak pertanyaan seperti ini, "Kemarin ada yang bilang, 'Kok bikin lagu yang cinta-cintaan terus? Kapan yang kritik?', "ceritanya.

Iwan pun bertutur sejak dulu ia tak pernah bermaksud memosisikan diri sebagai penyanyi lagu berlirik kritik. "Tetapi sungguh saya tidak pernah bilang saya tukang kritik, tapi saya tidak suka lihat orang disemena-menakan. Kalau itu ditafsirkan sebagai lagu kritik, ya saya enggak bisa apa-apa lagi," jelas Iwan.

Lewat lagunya, Iwan hanya mengharapkan keseimbangan hidup di negara ini. "Pada hakikatnya saya merindukan keseimbangan, saya pengin ngomong, kebetulan lewat lagu," ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com