Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Siapkan Rute Denpasar-Brisbane

Kompas.com - 19/04/2013, 21:50 WIB
Ilham Khoiri

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Australia dan sebaliknya, semakin meningkat belakangan ini. Untuk itu, maskapai Garuda Indonesia menyiapkan rute penerbangan baru dari Denpasar, Bali, langsung menuju Brisbane, Australia.

"Penerbangan langsung dari Denpasar-Brisbane mulai 31 Juli 2013, sementara Brisbane-Denpasar mulai 1 Agustus nanti. Jadi untuk menuju Brisbane, masyarakat Indonesia tidak perlu transit di Singapura atau Sydney dulu, tapi bisa langsung, begitu juga sebaliknya," kata General Manager PT Garuda Indonesia untuk Queensland, Aryo Wijoseno, saat ditemui sejumlah wartawan di Sydney, Australia, Jumat (19/4/2013) pagi waktu setempat.

Aryo Wijoseno menjelaskan, Denpasar-Brisbane melengkapi rute-rute perbangan langsung Garuda ke Australia sebelumnya, seperti ke Sydney, Melbourne, dan Perth. Sebenarnya rute Denpasar-Brisbane sudah pernah dijalankan, tetapi kemudian ditutup tahun 2007 akibat imbas krisis finansial dunia. Kini, rute itu dibuka kembali.

"Kami optimistis dengan rute baru ini karena memang ada pasarnya. Selain untuk wisatawan, rute ini juga melayani para pebisnis," kata Aryo, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ilham Khoiri, dari Sydney.

Brisbane merupakan ibukota Queensland, salah satu negara bagian Australia yang cukup ramai. Wilayah ini memiliki banyak potensi wisata menarik. Kota Brisbane menawarkan wisata sungai udi tengah kota untuk menyusuri arsitektur modern yang apik. Bergerak ke luar sedikit, seperti di Tangalooma Resort, Moreton Island, ada atraksi memberi makan ikan lumba-lumba liar.

Salah satu tujuan wisata di Queensland yang banyak digemari adalah Gold Coast, kota modern di pinggir pantai berpasir putih yang bisa ditempuh sekitar satu jam dari Brisbane. Selain menawarkan pesona laut, kawasan ini juga memiliki kebun binatang, Movie World, Sea World, naik balon udara, serta menikmati kota dari di anjungan gedung tinggi SkyPoint. Terlebih, cuaca di negara bagian ini mendekati tropis, tanpa salju saat musim dingin. Dengan berbagai daya tarik itu, banyak wisatawan Indonesia yang berlibur di Queensland.

Merujuk data Australian Bureau of Statistics (ABS), sekitar 20.000 orang Indonesia mengunjungi Brisbane selama tahun 2012. Warga Brisbane juga tertarik ke Bali. Sebanyak 80.00 orang Australia mendatangi Bali melalui Brisbane pada tahun yang sama.

"Agustus nanti, kami buka penerbangan Bali-Brisbane dan sebaliknya tujuh kali seminggu atau setiap hari. Dengan pesawat Boing 737 800, total kapasitasnya 162 kursi," kata Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com