Kompas.com - 22/04/2013, 17:58 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah artis Ibu Kota turut meramaikan daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) Partai Kebangkitan Bangsa. Mereka, di antaranya, Arzeti Bilbina, Said Bajuri, Sayuti "OB", Akrie "Patrio", Krisna Mukti, Reza Herlambang, Mandala, Dedi Irama, dan Ridho Rhoma.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PKB Imam Nahrawi pada jumpa pers di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (22/4/2013). Semua caleg, termasuk artis Ibu Kota, diharapkan mampu memenuhi target PKB pada Pemilu Legislatif 2014, yakni perolehan 100 kursi di parlemen.

"Untuk itu, saya meminta bantuan dan dukungannya," katanya.

PKB menjadi partai terakhir yang menyerahkan daftar bakal caleg ke KPU. Imam mengatakan, hal itu disebabkan PKB mendahulukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test kepada setiap bakal caleg yang akan maju sebagai kader PKB.

"Ini karena ada fit and proper test. Oleh karena itu, kami baru menyerahkan DCS hari ini," kata Imam.

Imam menjelaskan, fit and proper test tersebut dilangsungkan selama empat bulan. Hasilnya, dari 1.000 orang yang mendaftar, terpilih sebanyak 560 orang yang akan maju sebagai bakal caleg PKB. "Kami sangat selektif dalam menentukan. Mereka langsung kami beri tes, baik tertulis maupun wawancara. Karena di tangan mereka, masa depan Indonesia akan baik atau tidak," ujarnya.

Imam menjelaskan, dari 560 bakal caleg yang diserahkan hari ini ke KPU, sebanyak 37,5 persen diisi oleh kaum perempuan. Sisanya, sebanyak 62,5 persen diisi oleh laki-laki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.