Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Anak-anak Eyang Subur, Kak Seto Beri Masukan

Kompas.com - 25/04/2013, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menurut dua fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), "orang pintar" Eyang Subur menyimpang dari syariat karena beristri lebih dari empat orang dan menyalahi akidah dengan menjalankan perdukunan dan peramalan. Mengingat orangtua merupakan panutan bagi anak dan anak meniru perilaku orangtua, Seto Mulyadi atau Kak Seto memberi masukan mengenai bimbingan untuk anak-anak Subur.

Hal itu berkait dengan kecenderungan anak meniru perilaku baik dan buruk orangtuanya. "Anak-anak peniru yang terbaik di dunia," ujar Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam jumpa pers di kediamannya di kawasan Cirendeu, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

"Dari menelpon saja, anak-anak bisa meniru ucapan orangtuanya. Maka, perilaku lain (orangtuanya) seperti senyum bisa ditiru sang anak. Kalau ibunya judes, anaknya judes," sambungnya.

Menurut Seto, kalau orangtua, dalam hal ini ayah, berperilaku buruk, supaya anak tak meniru, orang-orang lain di sekitarnya, termasuk ibu, harus berperan aktif memberi contoh perilaku yang baik.

"Anak punya panduan yang lain, banyak contoh lain, itu yang diperkuat. Ibu masing-masing juga harus berperan, mengatakan mana yang baik dicontoh dan tidak baik untuk tidak dicontoh," ujar Seto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com