25 Tahun, KLa Project Mengenang Awal Karier

Kompas.com - 09/05/2013, 10:38 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com  Tahun ini, grup musik KLa Project genap berusia 25 tahun.

Lilo, sang gitaris, menyatakan, 25 tahun yang lalu, tahun 1988, KLa Project mengeluarkan single dan video klip pertama mereka yang berjudul "Tentang Kita". Usia 25 merupakan perjalanan panjang bagi Katon Bagaskara, Romulo "Lilo" Radjadin, dan Adi Adrian.

Adi, pemain keyboard KLa, mengaku tidak mengira mereka sudah 25 tahun jalan bersama. "Kami nggak ada komitmen untuk sampai 25 tahun," kata Adi mengenang awal karier mereka.

Adi pun bersyukur atas perjalanan karier yang telah mereka tempuh selama 25 tahun ini. Ia mengenang proses saat mengirimkan demo musik, membuat album, hingga mendapat respons masyarakat yang tergolong lancar.

"Kami jalani dengan sukacita," kata Adi saat konferensi pers ulang tahun mereka di Jakarta, Rabu.

Mengutip perkataan rekannya, Lilo, Adi mengatakan, bermain dalam sebuah band adalah bagaimana saling mengapresiasi rekan-rekan yang tergabung dalam band itu.

"Sepanjang kita bisa memberikan komplimen kepada sesama teman. Kalau nggak, kami sudah berhenti dari dulu," kata Adi.

Selain saling mengapresiasi, Adi juga berpendapat, memberikan ruang bagi masing-masing rekan juga penting.

KLa Project terbentuk sekitar tahun 88. Adi mengenang, saat itu, dirinya, Katon, Lilo, dan Ari Burhani berusia 20-an. Setelah membuat album, mereka memutuskan untuk serius bermusik dan meninggalkan kegiatan lain yang sedang mereka jalani, seperti Katon yang saat itu bekerja di salah satu maskapai penerbangan.

"Dua puluh lima tahun yang lalu kami memutuskan untuk menjadi musisi dan berkontribusi pada dunia musik," tutur Katon.

Perubahan formasi pun sempat terjadi dalam KLa Project. Ari sang drummer keluar sekitar tahun 1993. Lilo pun sempat berhenti sejenak dari band pada tahun 2000 dan kembali lagi delapan tahun kemudian.

"Kami bersyukur sampai saat ini masih mengabdikan diri di dunia musik," tutur Katon.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.