Trie Utami: "Lip-sync" Itu Membodohi

Kompas.com - 12/05/2013, 11:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Trie Utami (45) prihatin jika benar ada kelompok vokal yang hanya mengandalkan penampilan dan tarian dalam penampilan mereka di panggung. Terlebih jika vokal kurang tampak dan artis beraksi di panggung dengan cara lip-sync.

"Sebenarnya lip-sync itu kurang mendidik. Itu membodohi," kata Iie di sela-sela acara peluncuran album grup vokal pendatang baru, Sparkling, di Kemang, Jakarta, Senin (6/5/2013).

"Nyaris mustahil seseorang bisa nyanyi dengan gerakan yang hebat," ujar penyanyi yang pernah menjadi vokalis band Krakatau itu.

Kendati demikian, Iie mengaku tidak anti sama sekali dengan keberadaan kelompok penyanyi pria atau perempuan yang kini menjamur. Asalkan memiliki kualitas yang baik, grup-grup semacam itu patut diapresiasi.

Dalam kurun 10 tahun terakhir, lanjutnya, pencinta musik dalam negeri telah kehilangan grup-grup vokal yang berkualitas, baik dalam olah suara maupun penampilan di panggung, antara lain Elfa's Singers. (HAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.