Hedi Yunus-Tohpati Garap Lagu Tanpa Bertemu

Kompas.com - 13/05/2013, 07:25 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ada yang unik dalam pembuatan single terbaru penyanyi kawakan Hedi Yunus (44), yang dirilis dua pekan lalu. Karena sudah kenal sejak dulu, perundingan soal nada berkaitan dengan aransemen lagu berjudul "Mengertikah" cukup dilakukan Hedi dan Tohpati lewat telepon pintar.

"Kan, ada teknologi canggih. Rundingan aransemen dan nada lagu cukup kami lakukan via telepon," tutur Hedi tergelak saat menceritakan "pertemuan"-nya dengan gitaris dan pembuat aransemen, Tohpati, yang akrab ia panggil Bontot.

Memang, tak cukup hanya sekali-dua kali keduanya saling bertelepon dan mengirim e-mail berisi aransemen lagu tersebut. Setelah mengobrol lewat telepon, Tohpati membuatkan skrip lagu yang kemudian ia kirim via e-mail. "Nah, yang makan waktu lama karena dia sibuk. Aku mesti nagih-nagih, tuh," lanjut pelantun lagu berjudul "Suratku" tersebut.

Langkah mengambil nada dasar pun cukup lewat telepon. Hedi merekam suaranya di telepon pintarnya, lalu ia kirim ke Tohpati.

Lagu "Mengertikah" ciptaan Yovie Widianto pernah dinyanyikan oleh artis Feby Febiola. Ketika akan dinyanyikan Hedi, Yovie menyarankan untuk mengganti aransemen dan menunjuk Tohpati. "Yovie tahu siapa yang cocok mengaransemen ulang lagu itu karena kami sudah lama berteman," ujar Hedi. (TRI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.