Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jupe Masuk Nominasi Pemeran Utama Wanita Terpuji

Kompas.com - 17/05/2013, 08:50 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Festival Film Bandung (FFB) 2013 mengumumkan lima judul film nasional masuk dalam nominasi Film Terpuji. Pengumuman tersebut dilaksanakan di Gedung Kesenian Sunan Ambu, STSI Bandung, Kamis (16/5/2013) sore.

Kelima film yang masuk nominasi itu adalah Tanah Surga Katanya (produksi Citra Sinema), Habibie & Ainun (MD Pictures), Gending Sriwijaya (Putaar Production & Pemprov Sumatera Selatan), 9 Summers 10 Autumns (Artura Insanindo), dan 5 CM (Ram Soraya). Kelimanya memang memiliki bekal enam kategori nominasi yang mendukungnya masuk nominasi Film Terpuji.

Tanah Surga Katanya, selain mendapat nominasi Terpuji pada kategori pemeran pembantu pria, juga berbekal nominasi Terpuji untuk kategori-kategori sutradara, penulis skenario, penata kamera, penata artistik, dan penata musik.

Habibie & Ainun didukung oleh nominasi Terpuji untuk kategori-kategori pemeran utama pria, pemeran utama wanita, penata editing, penata musik, poster, dan penata suara.

Gending Sriwijaya masuk nominasi Terpuji untuk kategori-kategori pemeran utama pria, pemeran utama wanita, pemeran pembantu pria, pemeran artistik, poster, dan penata suara.

Film 9 Summers 10 Autumns didukung oleh nominasi Terpuji untuk kategori-kategori pemeran pembantu pria, pemeran pembantu wanita, sutradara, penulis skenario, penata kamera, dan penata artistik.

Terakhir, film 5 CM didukung oleh perolehan nominasi Terpuji untuk kategori-kategori pemeran pembantu pria, pemeran pembantu wanita, sutradara, penata editing, penata kamera, dan poster.

Menurut Kepala Bidang Pengamatan FFB 2013 Dr Edison Nainggolan, tahun ke-26 penyelenggaraan FFB, Regu Pengamat FFB mengamati 94 film nasional, 140 film impor, serta 335 sinetron dan FTV.

"Dari sebanyak itu dihasilkan 13 nominasi untuk film nasional versi bioskop dan 12 nominasi untuk sinetron. Sementara itu, yang film impor akan menghasilkan delapan genre. Pengamatan itu dilaksanakan oleh Regu Pengamat sejak 1 April 2012 hingga 30 April 2013," kata Edison.

Ketiga belas nominasi Terpuji untuk film nasional itu terdiri dari film, pemeran utama pria, pemeran utama wanita, pemeran pembantu pria, pemeran pembantu wanita, sutradara, penulis skenario, penata editing, penata kamera, penata artistik, penata musik, poster, dan penata suara.

Salah satu kejutannya adalah munculnya nama Julia Perez atau Jupe dalam nominasi Pemeran Utama Wanita Terpuji pada filmnya yang berjudul Gending Sriwijaya. Selain menempatkan aktris dan model yang seksi dan dikenal sebagai bintang panas ini, FFB juga menominasikan Bunga Citra Lestari pada film Habibie & Ainun, Lana Nitibaskara pada Ambilkan Bulan, Acha Septriasa pada Test Pack, Laura Basuki pada Madre, dan Agni Pratistha pada Cinta Tapi Beda.

"Memang Julia Perez itu ternyata bagus aktingnya. Selama ini kan dia hanya dikenal sebagai bintang panas. Ternyata dia memang serbabisa," kata Edison. (ddh/Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com