Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2013, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Tanda-tanda penuaan memang paling mudah terlihat di wajah. Cara instan untuk mencegahnya adalah dengan suntik botox. Mungkin tak ada masalah buat Anda yang punya budget lebih dan keberanian untuk melakukannya. Namun, botox bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda.

Untuk menjaga keremajaan kulit, lakukan saja yoga wajah yang bila dilakukan secara rutin bisa menghaluskan kerutan, mempertegas bentuk dagu, membuat kulit lebih bercahaya, mengurangi ketegangan mata, dan juga sakit kepala.

Julia Anastasiou, seorang pelatih yoga wajah di Inggris, mengungkapkan bahwa yoga wajah akan semakin populer karena banyak orang yang takut akan risiko hilangnya ekspresi wajah karena prosedur botox. Dengan yoga wajah, kulit akan menegang dan otot wajah menjadi lebih kencang. Gerakan-gerakan yoga ini juga akan mendorong produksi kolagen dan protein yang bisa membuat kulit lebih kenyal, elastis, dan muda.

Untuk hasil maksimal, lakukan yoga ini enam hari seminggu. Jika dilakukan teratur, Julia mengklaim Anda bisa mendapatkan hasilnya dalam tujuh hari dan terlihat lebih muda lima tahun dari usia Anda. Yang lebih menyenangkan, yoga wajah ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Misalnya ketika sedang terjebak macet, menjelang tidur, dan di kamar mandi.

1. Pijat wajah
Untuk memulainya, jangan lupa untuk merelaksasikan otot wajah dengan menggunakan jari-jari. Beri tekanan lembut di beberapa bagian untuk menekan otot-otot wajah. Namun di area mata, pastikan untuk tak menekannya terlalu kuat karena area mata adalah bagian kulit tertipis di wajah.

2. Owl
Letakkan kedua tangan di mata sambil membentuk dua huruf C melingkarinya. Namun pastikan mata Anda terbuka lebar dan dahi tetap rileks. Tahan selama 10 detik dan ulangi langkah ini tiga kali.
owl

3. The V
Bentuk jari-jari Anda seperti huruf V, letakkan jari di kedua mata. Beri tekanan sedikit pada mata. Posisikan bola mata Anda ke bagian atas kelopak untuk meningkatkan tekanan bola mata. Tahan beberapa saat, kemudian rileks. Ulangi sebanyak enam kali. Akhiri dengan memejamkan mata selama 10 detik.
the v

4. Circle the eyes
Tempatkan jari telunjuk di alis. Kemudian gerakkan jari Anda melingkari mata. Ulangi ke arah yang berlawanan. Ulangi sampai empat kali.
circle the eye

5. Puffer fish
Kembungkan pipi Anda, kemudian tepuk-tepuk perlahan pipi Anda dengan tangan selama 30 detik.
puffer fish

6. Giraffe
Arahkan kepala ke belakang sambil membelai leher. Kemudian tekuk kepala ke bawah. Tempatkan jari tangan di titik atas dagu dan tulang leher (seperti menopang dagu), dan tarik sudut mulut ke bawah. Tahan selama empat detik dan tarik nafas dalam-dalam. Ulangi dua kali.
giraffe


7. Hamster cheek
Kembungkan pipi di salah satu bagian pipi. Tahan selama 30 detik. Kemudian, pindahkan udara ke bagian pipi sebelahnya dan tahan 30 menit.
hamster

8. Jaw toner
Cubit-cubit area sekitar rahang, pipi, sampai kuping dengan lembut. Kemudian tempatkan ibu jari di bagian bawah dagu, dan gerakkan ibu jari di area dagu sampai telinga.Lakukan tiga kali.
jaw toner

9. Kiss the sky
Tengadahkan kepala Anda dan bentuk mulut seperti posisi hendak mencium (ada baiknya untuk mengeluarkan suara ciuman). Ambil posisi santai dan tarik nafas dalam-dalam. Ulangi dua kali.
kiss the sky

10. Relaksasi
Setelah melakukan semua langkah ini, lakukan relaksasi agar wajah lebih segar. Pijat semua bagian kulit wajah, kemudian tarik nafas dalam-dalam.
Gosok kedua belah tangan sampai hangat dan tutup mata dengan tangan yang hangat ini, diamkan beberapa saat.
 relaksasi

 FOTO-FOTO: THE DAILY MAIL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com