Ferly Junandar: Bukan Kuliner Biasa

Kompas.com - 12/06/2013, 21:14 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kuliner dan memori. Dua kata ini ternyata berkaitan sangat erat. Setidaknya, hal itu dirasakan presenter Ferly Junandar (44). Tegasnya, makan itu tidak sekadar mengecap rasa masakan di lidah. Makanan juga bisa membangkitkan kenangan, apalagi terkait dengan lokasi tempat makan, misalnya restoran tertentu.
         
"Makanan sebetulnya rasanya sama saja. Cuma makanan bisa bring back memories. Ada kunyahan-kunyahan yang seakan memutar kembali film-film lama. Edun deh," kata presenter Mata Air di SCTV dan Tren Tekno di Metro TV ini.
         
Selain menu makanan, suasana dan interior ruangan juga penting. Maka itu, Ferly selalu nyaman dan asyik jika pulang ke Bandung, karena ia bisa makan di warung-warung kenangan. Misalnya warung Mie Linggarjati dengan jus alpukatnya yang legendaris.

"Letaknya depan Masjid Agung Bandung. Biasanya aku langsung ke situ kalau dari Jakarta, rasanya seperti membayar utang ha-ha-ha," tutur kakak komedian dan bintang sinetron Ferry Maryadi ini.
         
Ferly juga mengenang resto Bumi Sangkuriang. Di sana ada bitter ballen dan jus pincolada. "Dulu zaman batagor pertama kali lahir di Jalan Kopo, aku ikut ngantre tuh, tahun 1985. Jadi kalau ke situ lagi jadi terkenang," paparnya.
         
Pokoknya, lanjut Ferly, "Kalau aku ke Bandung, aku sudah punya mandatory list, kuliner yang wajib aku datangi. Rata-rata tempatnya sudah lama. Makanya aku bilang, ini kuliner in vintage way".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.