"Raya", Album "Curhatan" Iwan Fals

Kompas.com - 25/06/2013, 23:02 WIB
Iwan Fals. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAIwan Fals.
|
EditorEko Hendrawan Sofyan


JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah tiga tahun merilis album terakhirnya, Keseimbangan  (2010), musisi kawakan Iwan Fals kembali mengobati kerinduan penggemarnya dengan merilis terbarunya, yang diberi judul Raya. 


"Alhamdulillah lahir juga album berjudul Raya ini. Ini menjadi obat yang sangat dinantikan, setelah Keseimbangan. Ini benar-benar karunia," kata Iwan dalam jumpa pers peluncuran album Raya di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Selasa (25/6/2013).

Menurut Iwan, album yang diambil dari nama anak bungsunya, Raya Rambu Rabbani, tersebut merupakan catatan hidupnya selama tiga tahun terakhir. "Ini catatan-catatan saya tiga tahun setelah itu. Tentang dalam dan luar perasaan saya," kata Iwan.

Sebanyak 18 komposisi lagu dihadirkan. Menurut  Iwan, semua lagu itu sebagai gambaran berbagai macam ekspresi kehidupan, seperti kegembiraan, kekecewaan, dan ekspresi diri. Meski begitu, Iwan enggan menasbihkan bahwa materi musiknya kali ini bernada kritik atau roman.

"Saya tidak tahu ini kritik atau bukan. Saya bikin saja, biar kritikus yang menilai," ungkap Iwan.

Uniknya, untuk menggarap album ini, Iwan mengaku perlu menunggu selama 10 tahun untuk mendapatkan persetujuan Raya. "Butuh waktu sepuluh tahun sampai Raya sebesar ini. Saya minta izin ke dia," kata Iwan.

Memang Iwan tak dapat memungkiri bahwa album tersebut banyak terinspirasi dari kebiasaan sehari-hari Raya. "Saya perhatikan Raya kalau sekolah bawa tas gede banget, berangkat sekolah sehabis subuh. Saya lihat, 'Kok berat ya hidup'," cerita Iwan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.