Ada "Dajal" di Album Terbaru Iwan Fals

Kompas.com - 25/06/2013, 23:19 WIB
Iwan Fals KOMPAS.com/IRFAN MAULANAIwan Fals
|
EditorEko Hendrawan Sofyan


JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah judul lagu dalam album terbaru musisi Iwan Fals begitu membuat penasaran siapa pun yang membacanya. Pasalnya, vokalis, yang juga pencipta lagu itu, menamakan nyanyiannya dengan judul "Dajal Net".

Diceritakan Iwan, pemberian judul tersebut bermula dari obrolan ringan bersama gitaris Totok Tewel. "Ini obrolan saya sama Totok Tewel. Awalnya, 'Kamu tahu enggak Dajal itu seperti apa? Itu kan matanya satu'," cerita Iwan dalam peluncuran album Raya di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013).

Lanjut Iwan, bahan obrolan tersebut tercipta lantaran ketika itu dirinya sedang asyik belajar berselancar di dunia maya. "Jadi waktu itu saya baru belajar, diajarin sama Ketua OI (Orang Indonesia) soal internet itu apa. Ternyata di situ ada semua, dari Quran sampai apa," papar Iwan.

Akhirnya Iwan pun memahami fungsi internet hingga dampak negatifnya. "Suatu ketika sampai di stasiun biasanya ada preman, tapi kok tiba-tiba sepi. Ke mana preman-preman ini semua, enggak tahunya pada di pojok pada nunduk semua main internet," kisah Iwan.

Dari situ Iwan akhirnya terinspirasi untuk mencipta nyanyian yang berjudul "Dajal Net". "Jangan-jangan ini Dajal. Karena gadget kalau kita enggak manfaatin yang bermakna itu berbahaya sekali. Tapi karena internet ini saya jadi bisa baca Quran. Belajar Iqra lagi," urai Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.