IDP Tak Rela Gelarnya dari Kerajaan Gowa Dicabut

Kompas.com - 14/07/2013, 21:16 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi Indah Dewi Pertiwi alias IDP keberatan jika gelar Tulolonna Butta Gowa, yang diterimanya dari pihak Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan, dicabut. Terlebih lagi, menurut IDP, gelar tersebut tidak berkait dengan unsur politik.

"Aku dapat gelar itu dari Bapak Andi Kumala Idjo, camat sekaligus putra mahkota. Bukan masalah politik. Walau camat, beliau yang berhak memberikan gelar tersebut," ujarnya ketika ditemui di Kemang, Jakarta, Minggu (14/7/2013).

Masalah muncul karena salah satu bupati setempat meminta gelar itu ditarik atau dikembalikan. Menurut bupati itu, pemberian gelar harus seizin pemerintah daerah terkait.

"Ya, aku bingung di sini, kenapa ada pemda? Harusnya, cukup dari keluarga Kerajaan Gowa. Aku enggak ada unsur politik, (tapi untuk) melestarikan kebudayaan," tuturnya.

Oleh karena itu, IDP tidak rela gelarnya dicabut. Terlebih, pada 22 Agustus nanti, ia akan mengisi acara ulang tahun televisi nasional dengan mengusung tema "Kingdom of Indonesia".

Dalam pertunjukan tersebut IDP akan mengenalkan budaya Gowa. "Inginnya baik-baik saja, gelar tidak ditarik, berembuk secara kekeluargaan karena aku tidak ada unsur politik dan enggak ada keuntungan kecuali melestarikan budaya. Ingin memerlihatkan, nih ada kerajaan yang bagus," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.