Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo: Biaya Film "Soekarno" Membengkak

Kompas.com - 29/07/2013, 11:55 WIB
BOGOR, KOMPAS.com -- Sutradara Hanung Bramantyo akhirnya merampungkan shooting film Soekarno: Indonesia Merdeka! pada akhir minggu lalu di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Kekhawatiran Hanung--bahwa shooting filmnya bisa terhenti sebelum selesai--tak terjadi.

"Setiap produksi selalu khawatir enggak selesai. Tapi, produksi ini yang ketakutannya sangat besar, takut (tim produksinya) enggak solid terus bubar," paparnya.

Meski hal itu tidak terjadi, diakui oleh suami dari artis peran Zaskia Adya Mecca ini, Soekarno merupakan filmnya yang memakan waktu shooting paling lama. Direncanakan, shooting-nya akan dilangsungkan 45 hari. Tapi, ternyata shooting-nya menghabiskan waktu 70 hari.

Biasanya, Hanung bisa mengambil 10 atau 11 scene per hari. Namun, untuk Soekarno, ia hanya bisa memenuhi setengahnya dalam satu hari. Hal itu disebabkan oleh detail sejarah, properti, dan hal-hal kecil lainnya yang harus ia perhatikan.

"Tiap shot dipikirkan dulu, sudah benar atau belum. Biasanya sehari bisa 10 sampai 11 scene, film ini paling cuma empat atau lima scene," jelasnya.

Lama shooting membuat biaya produksi membengkak. "Kami over budget ya, ha ha ha. Sudah jelas dari 45 jadi 70 hari. Ya, lebihnya 10 sampai 15 persen lah," jelasnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com