Inggris Cegah Kelly Clarkson Miliki Cincin Langka

Kompas.com - 02/08/2013, 12:31 WIB
Kelly Clarkson meraih penghargaan dalam kategori Best Pop Vocal Album untuk album Stronger-nya di panggung Grammy Awards 2013, yang digelar di Staples Center, Los Angeles (California, AS), Minggu (10/2/2013) malam waktu setempat. Kevork Djansezian/Getty Images North Amrica/AFPKelly Clarkson meraih penghargaan dalam kategori Best Pop Vocal Album untuk album Stronger-nya di panggung Grammy Awards 2013, yang digelar di Staples Center, Los Angeles (California, AS), Minggu (10/2/2013) malam waktu setempat.
EditorAti Kamil

LONDON, KOMPAS.com — Pemerintah Inggris berusaha mencegah penyanyi AS Kelly Clarkson membawa keluar dari Inggris cincin emas bertatahkan batu turqoise langka yang dulu dimiliki oleh penulis Jane Austen.

Penyanyi juara American Idol itu membeli cincin tersebut di sebuah rumah lelang dengan harga lebih dari 150.000 poundsterling (Rp 2,3 miliar). Namun, Menteri Kebudayaan Ed Vaizey telah memberlakukan larangan ekspor atas cincin tersebut dan meminta agar warga Inggris berusaha membeli kembali cincin itu dari Clarkson.

Cincin tersebut merupakan satu dari hanya tiga perhiasan yang diketahui pernah dimiliki oleh penulis Pride and Prejudice itu. Vaizey mengatakan, ia ingin "harta negara diselamatkan untuk bangsa."

Calon pembeli yang berminat memiliki waktu hingga 30 September 2013 untuk mengumpulkan dana sebesar 152.450 poundsterling.

Sangat langka

Cincin itu disertai dengan dokumen tentang sejarahnya dalam keluarga Jane Austen (1775-1817), yang seumur hidupnya menetap di Hampshire dan merupakan salah satu pengarang Inggris paling terkenal.

Cincin itu pertama kali diberikan kepada saudara perempuannya, Cassandra, yang kemudian memberikannya kepada kakak iparnya, Eleanor Austen, pada hari pertunangannya dengan kakak lelaki Jane dan Cassandra, Henry Thomas Austen. Perhiasan itu tetap berada dalam kepemilikan keluarga hingga Clarkson, yang lahir di Texas (AS), membelinya dalam sebuah lelang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tidak ada institusi Inggris atau pembeli pribadi dari Inggris yang membelinya hingga tenggat waktu 30 September 2013, Kelly Clarkson akan menjadi pemilik sah. Namun, tenggat waktu bisa diperpanjang hingga 30 Desember 2013 jika ada bukti "niat serius untuk mengumpulkan dana".

Vaizey mengatakan, "gaya hidup Jane Austen yang sederhana dan kematiannya yang dini berarti bahwa benda-benda yang diasosiasikan dengan dirinya sangat langka. Jadi, saya harap ada pembeli dari Inggris agar cincin yang sederhana tapi elegan ini bisa diselamatkan untuk bangsa."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.