Rekaman Langka ABBA Terjual Rp 67 Juta

Kompas.com - 13/08/2013, 11:48 WIB
Foto yang dibuat pada 26 Juni 2013 ini memerlihatkan sebuah tas sport merah dengan logo grup pop legendaris Swedia ABBA, yang merupakan salah satu dari memorabilia ABBA yang dilelang oleh kolektor Tomas Nordin di Stockholms Auktionsverk, Stockholm (Swedia), 10 Agustus 2013. AFP PHOTO/SCANPIX SWEDEN/JONAS EKSTROEMERFoto yang dibuat pada 26 Juni 2013 ini memerlihatkan sebuah tas sport merah dengan logo grup pop legendaris Swedia ABBA, yang merupakan salah satu dari memorabilia ABBA yang dilelang oleh kolektor Tomas Nordin di Stockholms Auktionsverk, Stockholm (Swedia), 10 Agustus 2013.
EditorAti Kamil
STOCKHOLM, KOMPAS.com — Rekaman langka ABBA terjual seharga 6.600 dollar AS (Rp 67 juta) dalam lelang berbasis online koleksi tentang grup pop lawas Swedia itu.

Tomas Nordin—kolektor segala hal tentang grup yang dikenal lewat berbagai hits, termasuk "Dancing Queen", "Fernando", dan "Mamma Mia" itu—telah menawarkan 25.000 barang untuk dijual.

Satu single maksi edisi terbatas yang diproduksi pada 1981 dalam rangka ulang tahun ke-50 manajer ABBA, Stig Anderson, terjual seharga Rp 65 juta, hampir dua kali lipat dari harga aslinya. Single tersebut hanya diproduksi sebanyak 200 keping. "Luar biasa, saya terkejut!" kata Nordin kepada AFP.

Koleksi Nordin dimulai sejak 1974 ketika ABBA melejit ke dunia internasional setelah memenangi kontes Eurovision dengan lagu "Waterloo". Nordin, penggemar ABBA yang saat itu berusia sembilan tahun, telah mengoleksi barang-barang langka dan pernik-pernik tidak biasa dari seluruh penjuru dunia, seperti sabun dan boneka langka ABBA, koleksi kliping dan buku, serta poster asli. Sabun langka itu terjual seharga Rp 6,2 juta.

Nordin tetap menyimpan tiga barang yang tidak memakan tempat, termasuk kartu pos yang ditandatanganii empat anggota ABBA, yaitu Agnetha Faeltskog, Bjoern Ulvaeus, Anni-Frid Lyngstad, dan Benny Andersson. Barang-barang yang tidak terjual akan kembali dilelang dalam kesempatan lain dengan harga yang lebih murah walau rumah lelang yakin itu semua bisa tembus di atas 126.000 dollar AS.

ABBA mendominasi lantai disko pada dasawarsa 1970-an dengan kostum mereka yang gemerlapan, aksi panggung memikat, dan atmosfer musik yang pas, sebagaimana dalam "Winner Takes It All", "Money, Money, Money", dan "Take a Chance on Me". Mereka bubar pada 1983 dan mereka telanjur bersumpah tidak akan pernah bereuni di panggung lagi. (Nanien Yuniar/Ade Marboen)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X