Penyeru Salam "Merdeka" Itu Berpulang

Kompas.com - 13/08/2013, 15:08 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Merdeka! Seruan itu tentu kerap didengar mereka yang pernah bertemu dengan penyanyi kondang Kris Biantoro. Dalam banyak kesempatan, pemilik nama lengkap Christophorus Soebiantoro itu memekikkan kata "merdeka" kepada mereka yang ditemuinya.

Kini, seruan itu tak akan lagi terdengar dari mulutnya karena pemilik gelar kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan itu telah tutup usia. Belum diketahui penyebab meninggalnya tokoh yang belakangan getol menyerukan persatuan Indonesia ini.

Kris Biantoro lahir di Magelang, Jawa Tengah, 17 Maret 1938. Ia adalah suami dari Maria Nguyen Kim Dung, wanita asal Vietnam.

Menurut catatan Wikipedia, ketika duduk di bangku kuliah Universitas Atmajaya, Kris Biantoro bersama rekan-rekannya dengan sukarela dikirim ke Irian Barat. Menjadi relawan selama enam bulan dalam pembebasan Irian Barat atau Operasi Trikora membuatnya mendapat gelar kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan.

Selain dikenal sebagai penyanyi, Kris Biantoro juga kondang sebagai master of ceremony atau MC dan aktor. Ia juga dikenal sebagai pelantun lagu "Dondong Opo Salak".

Pada 1964-1971, Kris hijrah ke Australia karena mendapat tawaran untuk menjadi staf di KBRI Australia. Di negara inilah Kris Biantoro bertemu dengan Maria Nguyen Kim Dung yang kemudian dipersunting.

Kembali ke Tanah Air pada 1971, Kris bergabung dengan TVRI menjadi pembaca acara kuis dan terkenal, antara lain Dansa yo Dansa.

Beberapa tahun terakhir, Kris menderita sakit ginjal kronis meski penyakitnya itu tak tampak, tertutupi oleh semangatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.