Kris Biantoro Meninggal Setelah 38 Tahun Gagal Ginjal

Kompas.com - 13/08/2013, 15:18 WIB
Penulis Jodhi Yudono
|
EditorJodhi Yudono
JAKARTA, KOMPAS.com — Aktor dan penyanyi bersuara berat Kris Biantoro meninggal dunia akibat gagal ginjal yang telah menderanya selama 38 tahun.

Pedendang lagu "Mungkinkah" itu mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa, 13 Agustus, pukul 13.30 WIB di Jakarta. Jenazah saat ini disemayamkan di Kompleks Bukit Permai, Jalan Bromo Blok K/8, Cibubur.

Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Maria Nguyen Kim Dung dan dua anak bernama Invianto dan Ceasefiarto.

Kris Biantoro terlahir dengan nama Christophorus Soebiantoro di Magelang, Jawa Tengah, 17 Maret 1938. Di dunia seni, Kris Biantoro tidak hanya dikenal sebagai penyanyi dan aktor, tetapi juga seorang master of ceremony atau MC yang andal.

Keberuntungannya sebagai entertainer berawal dari lagu "Dondong Opo Salak" (lagu anak-anak) karena teringat keponakannya yang masih kecil di Magelang semasa berjuang sebagai relawan di Irian Barat.

Pada 1964-1971, beliau hijrah ke Australia karena mendapat tawaran untuk menjadi staf KBRI. Di Australia inilah Kris Biantoro bertemu dengan seorang gadis Vietnam yang kemudian dipersunting. Ia pun sempat menjadi penjual roti di Australia karena kehidupannya yang kurang beruntung menjadi pensiunan clerk KBRI Australia.

Kembali ke Tanah Air di tahun 1971, Kris bergabung dengan TVRI menjadi pembawa acara kuis dan terkenal, antara lain Dansa yo Dansa. Setelah pensiun sebagai selebriti yang berhasil, Kris Biantoro menjalani kehidupan yang tenang.

Diskografi

"Mungkinkah"
"Jangan Ditanya Kemana Aku Pergi"
"Angela"
"Juwita Malam"
"Answer Me Oh My love"
"The Impossible Dream"

Filmografi

Last Tango in Jakarta - 1973
Si Manis Jembatan Ancol - 1973
Bulan di Atas Kuburan - 1973
Paul Sontoloyo - 1974
Atheis - 1974
Pilih Menantu - 1974
Kuntilanak - 1974
Bajingan Tengik - 1974
Bawang Putih - 1974
Tiga Sekawan - 1975
Akulah Vivian -1977
Kuda-Kuda Binal - 1978

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.