Ada "Lipsync" di The X Factor Around The World?

Kompas.com - 25/08/2013, 15:30 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum pertunjukan The X Factor Around The World di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/8/2013), berakhir, sejumlah finalis The X Factor Indonesia ikut naik ke pentas, yaitu Isa Raja, Mikha Angelo, Nu Dimension (NuDi), dan Shena Malsiana, untuk penampilan penutup. Secara bergantian mereka membawakan medley lagu-lagu karya Ahmad Dhani.

Namun, tampak gerak bibir mereka ketika menyanyi tak sesuai dengan suara yang keluar. Ada yang menduga, mereka melakukan itu secara lipsync. Kritik melalui media sosial, seperti Twitter, pun muncul.

"I just can't understand, kenapa event sebesar X-Factor Aorund the World, finali XF Indo pada lip sing! Parah!!!" kicau seorang pengguna Twitter.

Tweet serupa lainnya berhamburan, sementara segelintir orang mencoba mengerti sulitnya membawakan medley dari lagu-lagu yang di-remix itu. Lantas, benarkah mereka membawakannya secara lipsync?

"Suaranya ke-delay, kita semua nyanyi (live) kok, suaranya aja ke-delay. Tetap live kok tadi, minus one aja (musik yang diperdengarkan merupakan hasil rekaman)," kilah El, salah satu personel NuDi.

Berbeda dengan El, Mikha justru mengaku bahwa mereka menyanyikan lagu itu secara lipsync.

"Aduh, tadi tuh enggak jelas banget. Sudah stand by di balik LED, sudah latihan, diliatin juga sama juri internasional, tiba-tiba dikasih tanda L yang artinya lipsync. Awalnya mau minus one, tapi enggak tahu kenapa jadi gitu. Mau nolak, ganti materi sudah enggak bisa," paparnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.