Andien Cinta Tenun Indonesia

Kompas.com - 28/08/2013, 11:08 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Andien mendukung penuh pelestarian budaya yang ada di Indonesia. Bukan soal musik saja, melainkan bentuk lain budaya, seperti kain tenun tradisional beberapa daerah di Indonesia.

Penyanyi yang mengawali kariernya lewat album "Bisikan Hati" ini paling suka mencari tahu tentang perbedaan kain-kain tenun yang sangat bervariasi itu. Makanya, setiap ada kesempatan bepergian ke daerah-daerah di Indonesia, ia mampir ke tempat-tempat kerajinan tenun.

"Kalau setiap datang ke daerah, aku usahakan langsung melihat pembuatanya. Misalnya, tenun Lombok dan Palembang, seperti apa perbedaannya," katanya, Selasa (27/8/2013).

Bahkan, dalam beberapa kali penampilannya, Andien berusaha menunjukkan lokalitasnya dalam berbusana. Seperti barusan, dalam acara Festival Musik Bambu Nusantara (FMBN) 2013, ia mengenakan busana berbahan tenun.

"Dan kali ini yang aku pakai adalah tenun Makassar," katanya. (Willem Jonata/ Siswanto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.