Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Kawakan Chaerul Umam Berpulang

Kompas.com - 03/10/2013, 16:44 WIB

KOMPAS.com — Sutradara kawakan Chaerul Umam meninggal dunia pada Kamis (3/10/2013) pukul 15.30 WIB setelah lama menderita stroke. 

Kabar duka tersebut diterima dari Humas PP Muhammadiyah Mustofa Nahrawardaya. Chaerul Umam selama ini memang dikenal banyak mengarahkan film dan sinetron bertema Islami.

"Beliau bagian dari keluarga besar Muhammadiyah. Tentu kami amat kehilangan," kata Mustofa.

Sutradara senior yang pernah menunjukkan debut gemilangnya lewat dua seri film Ketika Cinta Bertasbih itu dirawat di Rumah Sakit Pondok Kopi, Jakarta Timur, sejak pekan lalu. Chaerul sempat membaik, tetapi kemudian kembali masuk ke ruang perawatan intensif sampai akhirnya tutup usia.

Chaerul Umam meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Sutradara kelahiran Tegal ini meninggalkan sejumlah karya film fenomenal, seperti Titian Serambut Dibelah Tujuh, Kejarlah Daku Kau Kutangkap, serta Ramadhan dan Ramona yang dibintangi Lidya Kandou dan Jamal Mirdad.

Lewat film ini pula Lidya dan Jamal sama-sama menyabet predikat Aktris dan Aktor Terbaik di Festival Film Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com