Sutradara Kawakan Chaerul Umam Berpulang

Kompas.com - 03/10/2013, 16:44 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Sutradara kawakan Chaerul Umam meninggal dunia pada Kamis (3/10/2013) pukul 15.30 WIB setelah lama menderita stroke. 

Kabar duka tersebut diterima dari Humas PP Muhammadiyah Mustofa Nahrawardaya. Chaerul Umam selama ini memang dikenal banyak mengarahkan film dan sinetron bertema Islami.

"Beliau bagian dari keluarga besar Muhammadiyah. Tentu kami amat kehilangan," kata Mustofa.

Sutradara senior yang pernah menunjukkan debut gemilangnya lewat dua seri film Ketika Cinta Bertasbih itu dirawat di Rumah Sakit Pondok Kopi, Jakarta Timur, sejak pekan lalu. Chaerul sempat membaik, tetapi kemudian kembali masuk ke ruang perawatan intensif sampai akhirnya tutup usia.

Chaerul Umam meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Sutradara kelahiran Tegal ini meninggalkan sejumlah karya film fenomenal, seperti Titian Serambut Dibelah Tujuh, Kejarlah Daku Kau Kutangkap, serta Ramadhan dan Ramona yang dibintangi Lidya Kandou dan Jamal Mirdad.

Lewat film ini pula Lidya dan Jamal sama-sama menyabet predikat Aktris dan Aktor Terbaik di Festival Film Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.