Jajang C Noer: Demi Perfilman Indonesia

Kompas.com - 23/10/2013, 19:40 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris senior Jajang C Noer (61) didapuk menjadi salah satu anggota dewan juri Apresiasi Film Indonesia 2013 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain Jajang, ada nama aktor Mathias Muchus, pegiat animasi Wahyu Aditya, dan sejumlah nama lain. Jajang menerima amanah itu dengan sangat antusias.

"Bagi saya, apa pun, kalau itu untuk perfilman Indonesia, saya mau. Termasuk untuk AFI (Apresiasi Film Indonesia) 2013 ini yang beberapa saat lalu mengawal film saya, Mata Tertutup, ke Yogyakarta. Saya senang sekali," papar Jajang, beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Menurut aktris yang di AFI 2012 menyabet kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik ini, semakin banyak festival film yang digelar di Indonesia akan semakin bagus. "Karena akan membuat para pembuat film di Tanah Air bersemangat membuat film. Yang nonton juga pasti semangat," kata Jajang.

Tema yang diangkat oleh setiap festival film, ujar Jajang, akan menjadi pembeda setiap festival. "Hal seperti itu bagus karena kan jumlah pembuat film itu banyak sekali. Jadi, menurut saya, semakin banyak festival film akan makin baik," lanjutnya.

Namun, Jajang rupanya tidak sepakat dengan penggunaan kata apresiasi sebagai nama festival. "Lebih baik diganti penghargaan saja. Saya ini paling alergi dengan penggunaan bahasa Inggris yang diindonesiakan," ujarnya. (DOE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.