Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melanie Subono Capek Dilarang-larang

Kompas.com - 01/11/2013, 11:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tampil cuek sudah jadi kebiasaan penyanyi rock Melanie Subono (37). Ketika menyanyi di acara Celebrate Breast Cancer Month 2013 di Plaza Senayan, akhir pekan lalu, biduan yang juga aktivis lingkungan tersebut berterus terang bingung mau menyanyi lagu apa.

"Gue bingung karena biasa menyanyi rock dan tampil di lapangan. Kalau menyanyi di sini (mal) enggak mungkin teriak-teriak. Lagi pula, capek dilarang-larang," cetusnya. Oleh karena itu, ia memilih membawakan lagu yang ia buat untuk perempuan Indonesia.

Menurut aktivis pembela buruh migran ini, lagu yang akan ia nyanyikan untuk refleksi bagi hadirin semua. "Di-dengerin aja, tak usah menyanyi bareng karena pasti pada enggak tahu lagunya," katanya. Sejurus kemudian, ia mengalunkan lagu yang intinya memberi dukungan kepada semua perempuan Indonesia untuk tetap merasa cantik bagaimanapun keadaannya.

Seusai menyanyi, Melanie mengakui lagu-lagunya yang berirama rock berisi kritik terhadap kondisi sosial dan politik di Tanah Air. "Aku pernah dilarang tampil di gedung kayak gini (mal). Tetapi, aku enggak mau mengubah pilihanku," ujarnya lagi.

Mengenai acara tersebut, ia mendukung agar semakin banyak perempuan tahu cara mendeteksi kanker payudara sejak dini. "Aku sudah 20 tahun menderita tumor di bagian perut, tetapi aku sedang sehat sekarang," katanya semringah. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com