"Pembunuh Tak Berupa" Berjaya di Maroko

Kompas.com - 18/11/2013, 22:36 WIB
Suci Haryati ISTSuci Haryati
|
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Suci Haryati (38) mengharumkan nama Indonesia melalui International Association of Woman in Radio & TV (IAWRT) di Casablanca, Moroko, 26 Oktober 2013. Suci adalah seorang kreatif program televisi, radio, penulis lepas di berbagai media dan meraih penghargaan Dokumenter Radio Terbaik di ajang tersebut. Karyanya yang meraih penghargaan berjudul Pembunuh Tak Berupa (The Silent Killer).

"Di episode ini saya menyampaikan kisah tentang dua orang ibu (satu penderita kanker payudara & leher rahim) dan dua perempuan muda yang pernah merawat ibu dan ibu mertua mereka yang menderita kedua jenis kanker," kata Suci sebagaimana dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dalam dokumenter itu Suci coba menggambarkan bagaimana pengaruh kanker payudara dan leher rahim bagi perempuan. Dengan meraihnya penghargaan tersebut, Suci menjadi orang dan wanita pertama dari Asia yang meraih penghargaan tersebut.

"Tentu saja ini sebuah kebanggaan buat saya dan juga masyarakat Indonesia meraih penghargaan di pentas Internasional. Sebagai wanita pertama dari Indonesia bahkan Asia penghargaan ini menjadi dorongan semangat saya untuk terus berkarya," lanjutnya.

Dokumenter ini menggambarkan pengaruh kedua jenis kanker ini bagi seorang perempuan dalam membuat keputusan-keputusan penting dalam hidupnya sebagai istri dan ibu

Selain Suci ada pula penghargaan kehormatan 1, yang diberikan kepada Breaking the Silence karya Maya  Friedler dan Marilyn Campbell (Amerika). Penghargaan kehormatan 2 diberikan kepada Indu Ramesh (India) untuk Forest Women in Exile.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.