Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sting hingga Peter Gabriel, Pendukung Nelson Mandela

Kompas.com - 06/12/2013, 11:40 WIB
Ati Kamil

Penulis

Sumber mtv.com
JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Nelson Mandela—pemimpin legendaris anti-apartheid yang membantu mengakhiri segregasi rasial selama hampir 50 tahun, yang dilancarkan oleh pemerintah minoritas kulit putih di Afrika Selatan—meninggal dunia di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (5/12/2013) waktu setempat, dalam usia 95 tahun karena infeksi paru. Sepanjang perjuangannya untuk mengakhiri apartheid, Mandela juga didukung oleh artis-artis terkenal dunia, termasuk dari bidang musik.

Pada 1984, Special AKA, band ska dari Inggris, merilis sebuah lagu protes berjudul "Free Nelson Mandela". Lagu tersebut membuka jalan bagi konser-konser dukungan dan penghormatan berskala besar bagi Mandela. Sebut saja, Free Nelson Mandela Concert di Stadion Wembley, London (Inggris) pada 1988. Ketika itu, Mandela masih dipenjara. Karena perjuangan anti-apartheidnya, ia dipenjara sejak 1962 dan baru dibebaskan pada 1990.

Semua konser yang membawa nama Mandela ketika itu bertujuan menggalang dana untuk menumbuhkan kepedulian terhadap usaha berani Mandela dalam mengakhiri segregasi di Afrika Selatan.

Setahun sesudah lagu "Free Nelson Mandela" dirilis, gitaris E Street Band, Steven Van Zandt, menghimpun sederet bintang musik menjadi grup bernama Artists United Against Apartheid. Mereka membawakan lagu karya Van Zandt yang berjudul "Sun City". Lagu bergaya "We Are the World" tersebut ditujukan untuk Afrika Selatan, tempat sejumlah pemusik kenamaan, sebut saja Rod Stewart, Black Sabbath, dan Elton John, pernah tampil ketika pemerintah apartheid berkuasa.

Para artis musik yang ambil bagian dalam lagu "Sun City" adalah DJ Kool Herc, Grandmaster Melle Mel, Run-DMC, Afrika Bambaataa, dan Kurtis Blow, di samping Bob Dylan, Ringo Starr, Lou Reed, U2, George Clinton, Joey Ramone, Pete Townshend, dan Hall & Oates, serta dua personel The Rolling Stones, Keith Richards dan Ronnie Wood.

Pada Juni 1988 di Stadion Wembley, London, sebuah konser bertajuk Free Nelson Mandela Concert digelar. Sting, George Michael, The Eurythmics, Al Green, The Bee Gees, UB40, Stevie Wonder, Salt N Pepa, Whitney Houston, hingga Peter Gabriel tampil dalam konser tersebut.

Dua bulan sesudah Mandela dibebaskan pada 1990, konser Nelson Mandela: An International Tribute for a Free South Africa diselenggarakan di Stadion Wembley. Konser itu menghadirkan Jesse Jackson, Denzel Washington, Neil Young, The Jungle Brothers, Tracy Chapman, Natalie Cole, dan Peter Gabriel.

Pada 2008, di Hyde Park, London, konser penghormatan digelar bagi Mandela dalam rangka ulang tahunnya yang ke-90. Will Smith, Amy Winehouse, Josh Groban, Queen with Paul Rodgers, dan pemusik terkenal dari Afrika Selatan, Johnny Clegg, tampil dalam konser tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber mtv.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com