Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Mandela, Spice Girls adalah Perempuan Pahlawan

Kompas.com - 06/12/2013, 18:31 WIB
JOHANNESBURG, KOMPAS.com -- Nelson Mandela, tokoh legendaris anti-apartheid, yang meninggal dunia dalam usia 95 tahun di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (5/12/2013) waktu setempat, pernah mengaku bahwa dirinya merupakan penggemar berat grup vokal Inggris Spice Girls.

Mandela mengungkapkan hal itu ketika bertemu dengan Spice Girls di kediamannya di Pretoria, Afrika Selatan, pada 1997. Dalam perjumpaan pertama mereka itu ada pula Pangeran Charles dari Inggris. Ketika itu, grup vokal yang terdiri dari Victoria Beckham, Mel B, Emma Bunton, Melanie C, dan Geri Halliwell tersebut sedang menjalani tur ke Afrika Selatan.

"Well, inilah para perempuan pahlawan bagi saya," tutur Mandela ketika itu. "Dan, ia (Mandela) juga pahlawan kami," balas Halliwell.

Lanjut Mandela, "Saya tak ingin menjadi emosional, tapi ini (bertemu Spice Girls) merupakan salah satu momen terbesar hidup saya." Timpal Charles berbumbu canda, "Dan, ini merupakan momen kedua terbesar dalam hidup saya... yang pertama ketika saya untuk kali pertama bertemu mereka."

Spice Girls mengaku pula tidak percaya bahwa mereka berjumpa dengan dua orang yang sangat penting ketika itu, yaitu Mandela dan Charles. Spice Girls pun menyatakan bahwa mereka memiliki prinsip yang sama dengan Mandela. Menurut mereka, Girl Power, prinsip yang mereka junjung, selaras dengan pandangan Mandela bahwa orang tak boleh menekan dirinya sendiri dan membuat dirinya merasa kecil bagi orang-orang lain.

Menanggapi pujian dari Spice Girls, masih dengan bumbu canda Mandela mengatakan, "Well, Anda tentu harus sadar bahwa mereka berbicara mengenai seorang lelaki tua." Spice Girls lalu menegaskan bahwa Mandela tidak tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com