Bagi Mandela, Spice Girls adalah Perempuan Pahlawan

Kompas.com - 06/12/2013, 18:31 WIB
EditorAti Kamil
JOHANNESBURG, KOMPAS.com -- Nelson Mandela, tokoh legendaris anti-apartheid, yang meninggal dunia dalam usia 95 tahun di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (5/12/2013) waktu setempat, pernah mengaku bahwa dirinya merupakan penggemar berat grup vokal Inggris Spice Girls.

Mandela mengungkapkan hal itu ketika bertemu dengan Spice Girls di kediamannya di Pretoria, Afrika Selatan, pada 1997. Dalam perjumpaan pertama mereka itu ada pula Pangeran Charles dari Inggris. Ketika itu, grup vokal yang terdiri dari Victoria Beckham, Mel B, Emma Bunton, Melanie C, dan Geri Halliwell tersebut sedang menjalani tur ke Afrika Selatan.

"Well, inilah para perempuan pahlawan bagi saya," tutur Mandela ketika itu. "Dan, ia (Mandela) juga pahlawan kami," balas Halliwell.

Lanjut Mandela, "Saya tak ingin menjadi emosional, tapi ini (bertemu Spice Girls) merupakan salah satu momen terbesar hidup saya." Timpal Charles berbumbu canda, "Dan, ini merupakan momen kedua terbesar dalam hidup saya... yang pertama ketika saya untuk kali pertama bertemu mereka."

Spice Girls mengaku pula tidak percaya bahwa mereka berjumpa dengan dua orang yang sangat penting ketika itu, yaitu Mandela dan Charles. Spice Girls pun menyatakan bahwa mereka memiliki prinsip yang sama dengan Mandela. Menurut mereka, Girl Power, prinsip yang mereka junjung, selaras dengan pandangan Mandela bahwa orang tak boleh menekan dirinya sendiri dan membuat dirinya merasa kecil bagi orang-orang lain.

Menanggapi pujian dari Spice Girls, masih dengan bumbu canda Mandela mengatakan, "Well, Anda tentu harus sadar bahwa mereka berbicara mengenai seorang lelaki tua." Spice Girls lalu menegaskan bahwa Mandela tidak tua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.