Legenda Hollywood Shirley Temple Telah Tiada

Kompas.com - 12/02/2014, 12:17 WIB
EditorAti Kamil
WOODSIDE, KOMPAS.com -- Legenda Hollywood, mantan bintang cilik Shirley Temple, meninggal dunia di kediamannya di Woodside, California, AS, pada Senin (10/2/2014) waktu setempat, dalam usia 85 tahun.

Dengan rambut ikal pirang yang memesona dan menggemaskan, dia menjadi salah satu bintang yang populer pada era 1930-an. Film-filmnya yang terkenal, antara lain, Annie, Bright Eyes, dan film pertamanya, Stand Up and Cheer.

Setelah pensiun dari film pada 1950, dalam usia 21 tahun, Temple kembali menjadi sorotan sebagai politisi dan diplomat.

Ketika meninggal dunia, Temple berada di tengah keluarganya. "Dia dikelilingi oleh keluarganya dan perawat," terang pihak Temple.

Temple, yang lahir pada 23 April 1928 di Santa Monica, California, menjadi bintang utama dalam film pertamanya, Stand Up and Cheer (1934), dalam usia tiga tahun. Cara ia menyanyi, menari, dan berakting merebut banyak penggemar di seluruh dunia. Ia mendapat piala Oscar pada 1935. Sampai hari ini ia masih menjadi orang termuda yang pernah mendapat Academy Award. Ia telah membintangi 43 film sepanjang kariernya.

Dengan julukan America's Little Darling (Anak Kesayangan Amerika), ia menempati posisi bintang Hollywood paling menarik selama empat tahun dari 1935 sampai 1938. Penampilan terkenalnya adalah ketika ia menyanyikan lagu "On the Good Ship Lollipop" dalam film Bright Eyes.

Film-filmnya yang lain, sebut saja, Curly Top, The Littlest Rebel, Baby Take a Bow, dan Little Miss Marker.

Ia terkenal ketika Presiden Franklin Delano menjulukinya Nona Kecil Ajaib dan ia mendapat penghargaan dengan menyelamatkan perusahaan film 20th Century Fox dari kebangkrutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.