Untuk Album Baru, Element Gandeng Inul hingga Pay

Kompas.com - 14/03/2014, 12:02 WIB
Setelah lima tahun vakum, band Element meluncurkan album ketujuh mereka, Save The Best For Last, di Jakarta, Rabu (12/3/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANASetelah lima tahun vakum, band Element meluncurkan album ketujuh mereka, Save The Best For Last, di Jakarta, Rabu (12/3/2014).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Element, yang kini beranggota Arya Dei (gitar), Fajar PJ (keyboard), Ibang (bas), Didi Riyadi (drum), dan Ferdy Tahier (vokal), kembali mewarnai industri musik negeri ini. Mereka merilis album terkini mereka, Save The Best For Last, setelah sempat tidak mengeluarkan album lagi sesudah merilis album keenam mereka, Terang (2008).

Menurut Didi, para personel Element selama lima tahun itu terlalu sibuk sendiri-sendiri sehingga vakum.

"Sejak tahun 2008 kami sudah jarang kumpul dan komunikasi, kami sibuk masing-masing setelah album keenam itu. Awalnya break setahun, larut sibuk sama kegiatan masing-masing, enggak terasa sudah lima tahun," jelas Didi dalam jumpa pers peluncuran album Save The Best For Last di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (12/3/2014).

"Sebenarnya vakum saja, keasyikan bisnis sama berlibur, jadi kami enggak sadar. Setelah tiga tahun enggak pernah nyentuh panggung sama sekali, lama-lama sudah lima tahun," terang Ferdy dalam kesempatan yang sama.

Element akhirnya kembali masuk studio rekaman untuk menggarap album terkini mereka. "Akhirnya baru sekarang terealisasi, setelah lima tahun," sambung Ferdy.

Save The Best For Last berisi lagu-lagu populer Element yang berasal dari album-album terdahulu, yaitu Hanyalah Cinta, Kupersembahakan Nirwana, Paradoks, Dialog, Neo Resonansi, dan Terang. Lagu-lagu itu mereka aransemen lagi dengan harapan bisa menggambarkan kedewasaan bermusik mereka kini.

"Kami kasih taste yang baru, karena Element yang 15 tahun lalu sama Element yang sekarang pasti berbeda," jelas Arya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar kekinian aransemen itu terasa, Element menggandeng lima artis musik ternama yang membantu proses produksi album tersebut. Mereka adalah Pay, Andi Rianto, Noey, Harry Budiman, dan Andi Ayunir.

"Kenapa diaransemen ulang, itu karena kami semua berjanji menebus kesalahan (terlalu lama vakum) sama fans. Kami mau memberikan yang terbaik untuk yang setia selama lima tahun. Selama lima tahun, fans terus nanyain kami, kami merasa guilty sekali, kami ingin memberikan yang terbaik," tutur Ferdy.

"Banyak banget (perbedaan aransemen dulu dan sekarang). Misalnya, lagu ini ditantang jadi genre yang berbeda, kami menyerahkan ke Harry Budiman. Warnanya jadi beda, tapi fans tetap tahu lagu itu. Saya juga kaget hasilnya, dari pop bisa jadi reggae dengan sentuhan Ras Muhammad, itu hebat banget," lanjutnya.

Element, yang mendorong "Rahasia Hati" menjadi single pertama dari Save The Best For Last, juga menggandeng tiga vokalis terkenal, yaitu Inul Daratista, Ras Muhammad, dan Millane Fernandez.

"Kami ada 10 lagu, lagu diaransemen, dan dua lagu baru. Selain kami mengajak produser-produser yang nge-hits, ada Pay, ada Andi Rianto, dan Harry Budiman, kami mengajak penyanyi-penyanyi Inul, Ras Muhammad, dan Millane," kata Arya.

"Basic-nya, kami menyuguhkan album terbaik, jadi Save The Best For Last. Kami membuat yang unik. Tiga artis ini unik, Inul sudah legend, Ras Muhammad duta reggae Indonesia, Millane ini artis Indonesia yg mewakili Indonesia di World Cup. Jadi, karena alasan itulah kami memilih mereka," terang Fajar.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.