Untuk Presiden Baru, Iwan Fals Akan Gelar Konser Akbar

Kompas.com - 04/04/2014, 12:20 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemusik legendaris Virgiawan Listanto (52) alias Iwan Fals mengatakan, ia berencana mengadakan konser akbar bertema "Nyanyian Raya" di Jakarta, ketika Indonesia sudah memiliki pemimpin yang baru pada Oktober 2014. Untuk konser tersebut, Iwan menargetkan 4 juta penonton.

Meski demikian, Iwan masih bingung menentukan tempat konser tersebut. Menurutnya, lapangan Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran tidak akan bisa menampung penonton sebanyak itu.

"Saya sih membayangkan bisa main di Monas. Nanti dari Monas sampai Senayan ditutup, dikasih display, semua kuliner dikeluarkan. Saya genjreng aja. Nanti kita bisa nyanyi lagu 'Indonesia Raya' yang asli, yang tiga stanza," kata Iwan di kediamannya, di Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/4/2014).

Menurut Iwan, yang mendapat kunjungan dari calon presiden Joko Widodo atau Jokowi di rumahnya, apabila konser tersebut terwujud, Indonesia akan memecahkan rekor konser dunia dengan jumlah penonton terbanyak. Rekor konser dunia saat ini, kata Iwan lagi, dipegang oleh konser pemusik Inggris, Rod Stewart, di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil, yang ditonton oleh 3,5 juta orang. Selain itu, ada pula konser Metallica di bandar udara di Moskwa, Rusia, dengan 1,6 juta penonton.

Sementara itu, lanjut Iwan, rekor jumlah terbanyak orang yang menyanyikan bersama-sama lagu kebangsaan dipegang oleh India. India mencetak rekor 500.000 orang.

"Kalau 4 juta orang bisa datang, rekor India pecah, Metallica dan Rod Stewart juga pecah. Nanti kita sama-sama nyanyi 'Indonesia Raya' tiga stanza. Selama ini kita kualat nyanyinya cuma satu stanza, tidak ada (lirik) tanah pusaka, tanah yang suci," ujarnya.

Meski menargetkan jumlah penonton yang banyak, Iwan ingin para warga yang datang nantinya tidak berbuat rusuh. Ia berharap para penonton bisa menciptakan suasana damai. Selain itu, ia ingin para penonton tidak meninggalkan sampah berceceran ketika beranjak pulang. Menurut Iwan, hal tersebut pernah ia terapkan untuk konsernya di Monas beberapa waktu lalu.

"Kalau 4 juta orang datang ngambilin sampah, punya kecerdasan lingkungan. Ayo kita tunjukkan bahwa Indonesia masih punya banyak orang baik. Saya menyaksikan sendiri betapa baiknya ribuan orang datang ke konser saya, membersihkan sampah," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.