Tohpati Rekaman Sehari

Kompas.com - 11/04/2014, 14:42 WIB
Gitaris Tohpati, sebagai bagian dari Trisum, tampil dalam acara JakJazz 2012 di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2012). Acara JakJazz 2012 ini digelar pada 19-21 Oktober 2012 dan menampilkan para pemusik jazz kenamaan seperti Incognito, Idang Rasjidi, dan Mezzoforte. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAGitaris Tohpati, sebagai bagian dari Trisum, tampil dalam acara JakJazz 2012 di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2012). Acara JakJazz 2012 ini digelar pada 19-21 Oktober 2012 dan menampilkan para pemusik jazz kenamaan seperti Incognito, Idang Rasjidi, dan Mezzoforte.
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Musisi Tohpati (42) paling tidak bisa menahan diri jika ingin membuat album rekaman baru. Dia bukan tipe musisi yang menunggu waktu paling tepat untuk mengeluarkan album. Bahkan jika selang waktu antara album yang satu dan yang lain hanya tiga bulan sekalipun.

Album solo terbarunya, Tribal Dance, dirilis sekitar tiga bulan setelah album Song For You keluar.

"Saya tidak suka mengumpulkan lagu dan menyimpannya lama-lama. Nanti malah keburu lupa dengan konsep dan semangatnya. Makanya, biarpun selisihnya baru beberapa bulan, saya tetap keluarkan saja album baru,” kata Tohpati di Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Serunya lagi, proses rekaman Tribal Dance yang berisi tujuh lagu itu hanya sehari di Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam album tersebut, Tohpati didukung dua musisi, yakni Jimmy Haslip dan Chad Weckerman.

"Saya ingin mencari pengalaman, bagaimana rasanya bekerja sama dengan musisi luar negeri. Mereka itu disiplin, tepat waktu, sehingga proses rekaman sekali jalan bisa langsung beres. Mereka juga rendah hati dan tak menganggap remeh orang lain. Mereka juga menyarankan agar saya menggelar tur," cerita Tohpati.

Saking lancarnya proses rekaman itu, satu lagunya, "Supernatural", hanya sekali direkam tanpa perlu diulang agar sempurna.

"Mungkin karena judulnya begitu, jadi ada dukunnya, he-he-he," katanya berseloroh. (TIA)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.