Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung Indra Lesmana, MALIQ & D'Essentials Lahirkan "Ananda"

Kompas.com - 11/05/2014, 16:12 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band MALIQ & D'Essentials, yang beranggota Angga Puradiredja (vokal), Indah (vokal), Ilman (keyboard dan piano), Jawa (bas), Lale (gitar), dan Widi (drum), menggandeng pemusik kawakan Indra Lesmana untuk melahirkan single terkini mereka. Judul lagu itu "Ananda", ada dalam album Musik Pop, yang akan dirilis pada 16 Mei 2014.

"Sebelumnya, sama Mas Indra memang sering ketemu di lounge dia (Red and White Lounge, Kemang, Jakarta Selatan), kami ngobrol sama dia," cerita Widi membuka perbincangan usai manggung dalam acara Editors' & Readers' Choice Awards 2014, Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (9/5/2014) malam.

Menurut Angga, MALIQ sudah lama ingin melibatkan Indra dalam proyek bermusik mereka.

"Dari awal MALIQ ada, Mas Indra Lesmana juga sudah ada. Di album pertama sebenarnya Mas Indra sudah ikut mixing dan mastering," terang Angga.

"Memang sudah seharusnya Mas Indra ada di album ini," timpal Widi.

Dalam penggarapan "Ananda", MALIQ lebih dulu merampungkan aransemen lagu itu. Kemudian, Indra menambahkan permainan sound vocoder dan synthesizer klasik ke dalamnya.

"Lagu 'Ananda' sudah jadi sebelum mengajak kolaborasi. Kami ingin ada part yang Mas Indra sangat ahli dan dia sangat excited," terang Widi.

"Secara teknis dia sekarang ikut ngisi (materi lagu 'Ananda'), tapi enggak ikut mixing dan mastering lagi. Kalau dulu, masalah teknis. Sekarang, hubungannya makin dekat, bukan sekadar kolega, melainkan sebagai teman juga," lanjut Angga.

"Ananda" berkisah mengenai sang buah hati, dengan pesan, harapan, dan doa baginya. Meskipun terkesan sentimental pada liriknya, MALIQ mengiringinya dengan musik yang upbeat, punchy, dan modern. Menurut Indah, lirik "Ananda" dikembangkan sesuai kehidupan yang dijalani setiap personel band tersebut.

"Itu yang paling related sama kami lirik sangat berhubungan dengan siklus MALIQ, dulu yang berhubungan dengan hati sekarang kami ada di fase yang sama sebagai orang tua. Akhirnya dapat ide soal anak, dan supaya kami enggak bosan juga," jelas Indah.

Single "Ananda" featuring Indra juga bisa dibeli secara digital via iTunes Indonesia bersamaan dengan pre-order album Musik Pop mulai 15 April 2014 melalui situs tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com