Seniwati Balet Farida Oetoyo, Ibunda Aksan Sjuman, Berpulang

Kompas.com - 18/05/2014, 16:07 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Duka yang dalam dirasakan oleh pemain drum, pencipta komposisi musik, dan aranjer Sri Aksana Sjuman atau Aksan. Ibunya, seniwati balet nasional Farida Oetoyo (74), meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (18/5/2014) pukul 03.50 WIB. Farida--yang mantan istri mendiang sutradara Sjuman Djaya dan mantan mertua pemain drum, artis peran, dan model Titi Rajo Bintang--diketahui berpenyakit jantung.

"Beliau sakit jantung. Tadi malam, jam 01dini hari.00, mulai memburuknya, tekanan darahnya drop. Jam jam 03.50 pergi (meninggal) dengan tenang," kata Amaranila Lalita Drijono atau Nila, saudara sepupu Aksan, yang mewakili pemain drum grup Potret tersebut dalam wawancara di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu siang, setelah jenazah Farida dimakamkan.

Diceritakan oleh Amara, Farida bukan baru sekali dirawat di rumah sakit karena penyakit jantungnya. Namun, Farida sama sekali tak pernah mengeluhkan kondisinya itu.

"Dia enggak pernah ngeluh, semangatnya yang saya kagumi," tutur Nila.

"Di usia 75 masih sempat mengajar. Beliau ingin sekali seni tradisi yang melengkapi balet itu," kata Nila lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.