3 Nafas Likas: Perempuan Pejuang Bukan Hanya Kartini dan Cut Nyak Dhien

Kompas.com - 02/06/2014, 17:45 WIB
|
EditorAti Kamil
MEDAN, KOMPAS.com -- Film 3 Nafas Likas, yang dibintangi oleh Atiqah Hasiholan, Vino G Bastian, Tuti Kirana, Marissa Anita, dan Mario Irwinsyah, memiliki pesan moral untuk para perempuan Indonesia. Itu menurut produser eksekutif film tersebut, Riahna Jamin Gintings.

"Ini pelajaran buat wanita Indonesia, karena ini mengisahkan perempuan yang sangat menyayangi keluarga, menghormati orang, menghormati suami," kata Riahna mengenai film yang diproduksi oleh Oreima Films itu dalam wawancara di lokasi shooting 3 Nafas Likas, Jalan Avros, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara, Jumat (30/5/2014).

Likas, yang merupakan istri dari pejuang kemerdekaan Jenderal Jamin Gintings, dikisahkan sebagai seorang perempuan Karo yang pada masa kecilnya sempat dilarang bersekolah. Keinginan kuat Likas untuk bersekolah dinilai oleh Riahna merupakan hal positif untuk ditiru.

"Ibu Likas atau ibu saya, dia dulu sempat enggak boleh sekolah sama orangtuanya. Tapi, dia punya keinginan untuk sekolah seperti saudara-saudara laki-lakinya. Jadi, film ini sekaligus mengingatkan orang Batak yang masih patrilineal ya. Ini sentilan juga, supaya anak perempuan bisa bikin keluarga itu berharga," kata Riahna lagi.

Film yang digarap oleh sutradara peraih Piala Citra 2013, Rako Prijanto, dan penulis naskah Titien Wattimena itu diharapkan bisa mengenalkan tokoh kemerdekaan lainnya dari Sumatera Utara.

"Ide awalnya, karena tahun ini ulang tahun ke-90 ibu kami, Ibu Likas. Tapi, saya lihat banyak film hanya perjuangan laki-laki. Memang ada Kartini dan Cut Nyak Dhien, tapi sudah lama sekali. Jadi, saya mau menunjukkan, orang Sumatera juga ada yang bisa maju seperti Kartini. Kartini menulis, tapi ini dia (Likas) memang maju dalam peperangan, berjuang secara fisik," jelas Riahna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.